Bernas.id – Pemasaran penting untuk kelangsungan hidup setiap bisnis, baik UMKM atau perusahaan besar. Sebagai pemilik UMKM, Anda mungkin memiliki strategi pemasaran usaha level sederhana dan kecil.
Seiring berkembangnya aktivitas marketing, bukankah seharusnya strategi pemasaran UMKM Anda juga berubah? Oleh karena itu, artikel akan mengajak Anda mempelajari cara meningkatkan pemasaran untuk mencapai profit bisnis.
Jika strategi marketing UMKM tidak pernah berubah, maka taktiknya itu akan basi. Pesaing akan menemukan cara marketing yang lebih baik dan pelanggan lama-lama akan bosan dengan bisnis Anda. Karenanya, pemilik bisnis harus mengikuti tren pemasaran agar produk selalu bisa dikomunikasikan dengan segar dan menarik.
Baca juga: Anggaran Pemasaran UMKM: Berapa Biaya yang Mesti Dikeluarkan?
Begitu juga saat strategi dasar marketing yang dijalankan berjalan baik, tetap saja ada sejumlah hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkannya. Mari membahas satu per satu bagaimana taktik dan strategi berbiaya rendah untuk meningkatkan rencana marketing UMKM Anda:
Daftar Isi :
- Belajar dari Pesaing
- Dapatkan Testimonial
- Selalu Update Media Sosial
- Keluar dari Toko dan Jemput Bola
- Menjadi Ahli
1. Belajar dari Pesaing
Saat mencari cara untuk meningkatkan aktivitas pemasaran, maka lihatlah kompetitor bisnis. Cari tahu apa yang mereka lakukan untuk menarik pelanggan. Jika Anda satu-satunya usaha di sektor industri tertentu, maka Anda bisa melihat pelaku bisnis di daerah lain.
Misalnya, kompetitor secara teratur menjalankan iklan di Facebook, maka Anda bisa mempertimbangkan melakukan hal yang sama. Dengan kemasan visual yang menarik, iklan Anda bisa mengalami kesuksesan dan membuat sejumlah pelanggan kompetitor beralih ke produk Anda.
Baca juga: Ini Dia Perbedaan Antara Sales dan Marketing!
2. Dapatkan Testimonial
Sebelum orang membeli sesuatu, mereka sering mencari ulasan yang memvalidasi pembelian mereka. Orang ingin tahu apakah kualitas produk yang dibeli setara dengan uang yang dikeluarkan. Selain itu, para calon pembeli ini juga ingin tahu apakah produk Anda lebih baik daripada yang ditawarkan kompetitor.
Karena itu, Anda bisa menarik lebih banyak pelanggan dengan mendapatkan ulasan dari konsumen. Kemudian, testimonial itu bisa diletakkan di sejumlah saluran marketing, sehingga calon pelanggan melihatnya. Contohnya, Anda dapat menambahkan ulasan pelanggan ke situs web, media sosial, WhatsApp, atau YouTube.
Ilustrasi meningkatkan marketing produk UMKM
3. Selalu Update Media Sosial
Anda mungkin sudah tahu bahwa pemasar