Berita Nasional Terpercaya

7 Fitur YouTube Terbaik 2021, Lengkap dengan Cara Pakai dan Penjelasannya

0

7 fitur YouTube yang ada di daftar ini dapat dinikmati pengguna untuk memaksimalkan kenyamanan dalam menonton video. Ada yang masih jarang diketahui publik, lho. Karenanya, Anda wajib banget untuk tahu dan menyebarkan informasi ini. Atau, jika Anda mencari informasi dan panduan Youtube yang lebih lengkap, tinggal baca berita ini.

Sejak awal 2021, Aplikasi YouTube terus menambah fitur unggulan untuk menunjang kenikmatan pelanggan saat menonton. Sayangnya, tidak banyak yang mengetahui update Youtube terbaru. Sebab banyak orang menggunakan aplikasi ini sebatas mencari dan memutar video. Padahal, banyak fitur tersembunyi untuk memaksimalkan pengalaman menonton.

 

1. Tampilan Tema Gelap (Dark Theme)

Banyak orang belum mengetahui bahwa tampilan aplikasi ini dapat diatur dengan warna hitam. Pengaturan ini dapat dinikmati di komputer maupun aplikasi ponsel.
Tampilan gelap adalah fitur YouTube yang cocok bagi Anda yang tidak suka kontras cahaya layar. Anda bisa mengatur tema gelap di bagian “Pengaturan”. Pilih “Umum”, lalu geser panel “”Tema Gelap” untuk mengaktifkan.

 

2. Mengubah Kualitas Video yang sedang Diputar

Fitur YouTube lainya adalah pengaturan kualitas video. Ada kalanya Anda sedang terkendala jaringan internet sehingga kesulitan memutar video dalam kualitas HD. 
Fitur Youtube ini memungkinkan Anda menikmati video dengan mengganti resolusi kualitasnya. Pilih tanda titik tiga pada bilah judul video. Klik ‘Kualitas‘, lalu sesuaikan kualitas mana yang Anda inginkan. 

Baca juga: 7 Cara Mendapatkan Uang dari YouTube

3. Mengatur Kecepatan Video

Disebut juga fitur playback speed. Fitur ini berfungsi untuk mengatur kecepatan pemutaran video. Fitur YouTube ini bisa Anda nikmati via komputer maupun  smartphone. 
Anda bisa mengatur kecepatan dengan cara klik ikon titik tiga bilah video. Pilih menu playback speed lalu sesuaikan dengan kecepatan yang Anda mau.

Ilustrasi pengguna memanfaatkan fitur YoutubeIlustrasi pengguna memanfaatkan fitur Youtube

 

4. Menonton Video dengan Teks Terjemahan

Fitur ini bukanlah fitur YouTube premium. Fitur ini tentu sangat bermanaat bagi Anda yang menyukai konten berbahasa asing. YouTube telah menyediakan teks terjemahan otomatis untuk kenyamanan Anda menonton. Sampai saat ini telah ada lebih dari 1 miliar video yang disertai dengan fungsi teks terjemahan.  Umumnya teks terjemahan akan muncul secara otomatis. Jika Anda tidak menemukannya, Anda bisa menuju menu pengaturan, lalu mengaktifkan teks terjemahan (captions).

Baca juga: 10 Channel YouTube Dengan Subscriber Terbanyak di Dunia 2021

 

5. Berbagi Video di Menit yang Anda Mau

Saat Anda ingin menunjukkan bagian menarik di satu video, Anda bisa mengaturnya dengan fitur YouTube ini. Namun masih sedikit orang yang memanfaatkannya.
Anda cukup menandai dengan ‘Jeda’ pada video. Fitur ini tersedia saat Anda memilih untuk membagikan tautan. Ada kotak pilihan ‘Mulai dari’ di kiri bawah yang bisa Anda centang. Penerima tautan akan langsung dapat menonton dari bagian yang Anda maksud.

 

6. Mengatur Daftar Video untuk Ditonton dalam Antrean

Buka satu per satu video yang ingin Anda tonton. Pada tiap video klik ikon kedua di sudut kanan atas. Lalu piih “Tambahkan ke Antrean”. Video yang Anda masukkan dalam antrean akan diputar otomatis. Itu adalah salah satu fitur YouTube yang dapat Anda nikmati tanpa berlangganan akun premium.

 

7. Fitur YouTube Premium

Selain yang disebutkan di atas, fitur Youtube lainnya yang bisa Anda nikmati adalah fitur premium. Fitur ini didapat dengan berlangganan paket aplikasi premium.
Fitur YouTube premium yang utama adalah menonton video tanpa iklan. Selain itu ada keuntungan untuk dapat menikmati YouTube Music, dan menyimpan video atau lagu yang disuka.

Untuk dapat mengakses fitur YouTube ini Anda bisa mengklik “Menu” garis tiga di sisi kiri atas layar. Gulir ke bawah hingga bagian “More from YouTube”. Pilih “YouTube Premium”. Anda akan diarahkan untuk melakukan transaksi berlangganan. Bila ingin tahu cara langganan Youtube Premium gratis, klik saja caranya di sini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.