JAKARTA, BERNAS.ID – Selama tiga tahun berkiprah sebagai dompet digital di Indonesia, mendorong DANA untuk mengembangkan inovasi,teknologi, dan kolaborasi terbaiknya. Hal ini yang kemudian membawa DANA menjadi aplikasi teknologi finansial berbasis gaya hidup yang #BebasDrama, untuk kembali menorehkan pertumbuhan signifikan dalam berbagai aspek, seperti unduhan aplikasi, lonjakan pengguna, hingga persepsi merek.
CEO dan Co-Founder DANA Vince Iswara mengungkapkan, pertumbuhan ini terjadi seiring dengan semakin matangnya kapabilitas teknologi dan fitur yang dimiliki.
“Di usia muda ini jadi memberikan banyak ruang kepada kami untuk bereksplorasi dan berinovasi berdasarkan kebutuhan para pengguna. Kami sadar akan kebutuhan masyarakat yang menginginkan transaksi digital #BebasDrama dengan kriteria yang serba praktis, terlindungi dan aman. Bergerak dari aspirasi ini, DANA senantiasa melahirkan segudang inisiatif baru yang tepat guna dan menghasilkan peningkatan jumlah pengguna sampai penguatan jumlah unduhan aplikasi DANA yang terekam di iOS dan Android. DANA percaya pencapaian ini tidak lain memiliki tujuan untuk mengejar akselerasi adopsi transaksi digital dan teknologi finansial yang inklusif,” jelas Vince Iswara, Jumat (6/8/2021).
Sejak awal kemunculannya di tanah air, DANA merasakan pertumbuhan yang signifikan. Berdasarkan data dalam App Annie yang merupakan perusahaan penyedia analisis aplikasi dan data pasar aplikasi, dompet digital DANA mengalami lonjakan tertinggi yang berlangsung 32 bulan sejak diluncurkan. Jumlah pengguna DANA melesar mencapai 40 juta pengguna saat peluncuran perdananya.
Baca Juga : Perencana Keuangan (Financial Planner): Pengertian dan Syaratnya
Menurut data pertumbuhan yang dimiliki DANA, adanya pertumbuhan jumlah pengguna yang masih konstan terjadi dimana DANA kini telah menyentuh angka lebih dari 79 juta pengguna pada akhir bulan Juli tahun 2021.
Seiring dengan jumlah pengguna yang kian menanjak, DANA juga menguatkan peringkatnya sebagai aplikasi finansial di Indonesia dan Asia Tenggara yang paling banyak diunduh pada ponsel pintar yang berbasis Android dan iOS pada kuartal dua di tahun 2021 berdasarkan App Annie.
Untuk menopang tingginya penerimaan masyarakat Indonesia terhadap teknologi finansial digital melalui pertumbuhan DANA, digencarkan edukasi kelanjutan melalui yang bertajuk 'Pakai DANA #BebasDrama' yang telah dikomunikasikan melalui berbagai kanal yang dimiliki DANA.
“Adapun kampanye 'Pakai DANA #BebasDrama' merupakan wujud evolusi DANA sebagai dompet digital yang memudahkan dalam bertransaksi digital para penggunanya. Selain mengajak para pengguna agar beralih dari dompet konvensional menjadi dompet digital melalui pesan #GantiDompet, kini DANA kian mengukuhkan peran dan posisinya dalam bermacam-macam aktivitas pada keseharian masyarakat. Penggunaan dompet digital DANA mampu membebaskan masyarakat dari ketidakpraktisan pembayaran dan pengelolaan uang,” jelas Vince.
Dalam kampanye terbaru ini, DANA memaparkan ulang beragam manfaat dari dompet digital yang terangkum dalam tiga prinsip utama yakni keamanan dalam bertransaksi, solusi keuangan yang terintegrasi dan teknologi pintar yang memudahkan pengguna dalam bertransaksi. Jaminan keamanan yang diberikan kepada pengguna ini ditopang oleh beragam perlindungan DANA yang berlapis, termasuk salah satunya kebijakan DANA Protection yang memberikan jaminan proteksi 100% (sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku).
DANA juga tidak lupa memastikan kemudahan (seamless) dalam bertransaksi digital para pengguna. Hal ini dimaksudkan agar para pengguna dapat merasakan langsung kepiawaian DANA menjadi dompet digital dengan solusi keuangan yang terintegrasi. Kesanggupan DANA direfleksikan melalui jenis fiturnya yang beragam serta relevan dengan kehidupan para pengguna dalam aktivitas sehari-hari, mulai dari pembayaran tagihan,belanjaan daring dan pengiriman uang.
DANA selalu memperkuat layanannya dengan menggunakan teknologi pintar (smart) untuk mendukung keamanan dan kemudahan yang ditawarkan. Selaku perusahaan teknologi finansial yang mengedepankan teknologi di garda terdepan, pengembangan teknologi-teknologi pintar menjadi sebuah tanggung jawab besar yang diemban DANA. Oleh karena itu, DANA menyematkan DANA VIZ (Visual Identity AuthoriZation) teknologi baru yang memanfaatkan sistem pengenalan wajah untuk menyelesaikan pembayaran atas sebuah transaksi, hingga menggunakan risk engine/fraud detection engine berbasis kecerdasan artifisial (Artificial Intelligence/AI) untuk mengantisipasi kejahatan siber.
“Dengan adanya ketiga prinsip utama tersebut, diharapkan mampu merepresentasikan manfaat dari DANA baik itu secara fungsional ataupun emosional. Secara fungsional yakni menjadikan DANA sebagai sebuah solusi terintegrasi yang memudahkan pembayaran dan pengelolaan finansial, sementara secara emosional yakni menggiring pengguna agar mampu mengandalkan DANA dalam berbagai kebutuhannya,” kata Vince.
Pada kampanye 'Pakai DANA #BebasDrama', juga membuka pandangan yang lebih luas akan penggunaan dompet digital DANA khususnya di kalangan pekerja pemula dari Gen Y dan Z yang membutuhkan solusi praktis untuk mendukung transaksi-transaksinya di tengah produktivitasnya yang padat. Selain itu aplikasi DANA juga tercatat menjadi aplikasi finansial utama berdasarkan indeks Generasi Z untuk kategori Average Monthly Active User (MAU) di Indonesia sepanjang kuartal ketiga tahun 2020 menurut App Annie.
Vince mengatakan, DANA akan terus mengembangkan kapabilitas dan fitur-fiturnya agar senantiasa friendly, trusted dan accessible. Selain diperkuat dengan teknologi keamanan, DANA juga mengandalkan teknologi-teknologi pintar seperti kecerdasan artifisial untuk lebih memahami ragam kebutuhan setiap penggunanya, sehingga mampu menghadirkan solusi yang cerdas.
Peluncuran kampanye 'Pakai Dana #BebasDrama telah diluncurkan sejak bulan Juni 2021 secara nasional. Adapun gambaran yang lengkap mengenai solusi yang ditawarkan DANA dalam kampanye 'Pakai DANA #BebasDrama' dapat disaksikan langsung melalui saluran resmi YouTube DANA. (cdr)