Berita Nasional Terpercaya

Ingin Kuliah Gratis di Universitas Stanford? Coba Beasiswa Knight-Hennessy

0

BERNAS.ID – Beberapa waktu lalu publik Indonesia dibuat kagum oleh aktris Maudy Ayunda yang telah berhasil lulus dengan menyabet dua gelas magister dari Universitas Stanford.

Bukan rahasia lagi bahwa Universitas Stanford merupakan kampus terbaik dunia. Setiap tahunnya, perguruan tinggi yang berlokasi di kawasan Silicon Valley itu selalu menduduki posisi tiga besar dalam daftar kampus terbaik dunia.

Sebagai kampus bergengsi dan bertaraf dunia, mulai dari pengajar, kurikulum, fasilitaas, dan semua proses yang terlibat dalam program belajar di Universitas Stanford tak bisa diragukan lagi kualitasnya. Setiap tahunnya, ribuan pelajar dari berbagai belahan dunia pun berebut kursi untuk menjadi mahasiswa di kampus tersebut.

Selain persaingan masuk yang ketat, biaya kuliah d Universitas Stanford pun tentu tak murah. Karena itu pula, banyak orang terpaksa mengubur impiannya untuk berkuliah di kampus terbaik dunia. Apalagi, biaya hidup di Amerika Serikat tentu sangat menguras kantong.

Bagi kalian yang ingin mengikuti jejak Maudy Ayunda namun terhalang biaya, tenang saja. Ada berbagai program beasiswa yang bisa kalian ikuti, salah satunya beasiswa Knight-Hennessy. Seperti apa sih beasiswa Knight-Hennessy ini? Berikut informasinya:

Mengenal Beasiswa Knight-Henessy

Program beasiswa Knight-Hennessy menawarkan bantuan pendidikan penuh untuk menempuh studi jenjang magister di Universitas Stanford. Tak hanya memberikan bantuan pendidikan, program beasiswa ini memberikan bantuan biaya hidup selama menempuh studi.

Tujuan beasiswa ini adalah untuk membantu pelajar dari seluruh dunia untuk menempuh studi pascasarjana  di Stanford agar tercipta generasi pemimpin global yang baru.

Beasiswa ini juga bertujuan untuk mencari pemimpin pemberani yang etis, tegas, ulet, terdorong untuk mencapai hasil yang berarti, dan termotivasi untuk menginspirasi orang lain agar berani melakukan perubahan positif dalam skala besar.

Lewat program beasiswa ini, setiap tahunnya ada 100 pelajar berprestasi dunia yang mendapatkan bantuan biaya untuk melanjutkan pendidikan di Stanford.

Baca juga: Jadi Kampus Pilihan Maudy Ayunda, Berapa Biaya Kuliah di Universitas Stanford?

Kriteria penerima beasiswa

Untuk mendapatkan beasiswa ini, ada beberapa kriteria yang harus kalian penuhi. Berikut kriteria tersebut:

1. Memiliki Kemandirian Berpikir

Beasiswa ini mencari pemikir visioner yang memiliki rasa ingin tahu tinggi, berpikiran terbuka, analitis, memiliki perspektif lintas budaya, serta punya keberanian dan kreativitas untuk mengatasi tantangan dunia.

Karena itu, kalian yang ingin lolos seleksi beasiswa  ini harus mampu melakukan hal berikut:

  • Menunjukkan ketajaman mental dan kemampuan intelektual
  • Mencari ilmu dan pengalaman baru
  • Penuh ide orisinal
  • Memiliki logika berpikir yang kuat
  • Mampu menerima sudut pandang atau pendapat yang berlawanan.

2. Memiliki jiwa pemimpin

Tujuan berikutnya dari program beasiswa ini adalah mencari pemimpin pemberani yang etis, tegas, ulet, memiliki semangat untuk mencapai hasil yang berarti, serta mampu menginspirasi orang lain untuk melakukan perubahan positif dalam skala besar.

Agar lolos dalam seleksi beasiswa ini, kalian juga harus memiliki niat tinggi untuk membuat dunia menjadi lebih baik, terdorong untuk memperbaiki diri dan orang lain, mudah beradaptasi, serta tangguh dalam menghadapi segala rintangan.

3. Memikirkan kepentingan umum

Program beasiswa ini juga bertujuan mencari individu yang kolaboratif, rendah hati, empati, dapat dipercaya, berorientasi untuk bertindak dalam melayani orang lain, dan punya semangat tinggi untuk berkontribusi pada kebaikan.

Bagi kalian yang ingin mendaftar program beasiswa ini harus memiliki kriteria berikut:

  • Rendah hati dan baik hati.
  • Bertanggung jawab.
  • Mampu merangkul perbedaan.
  • Peduli dan bermanfaat bagi orang lain.

Itulah kriteria yang dicari dalam program beasiswa Knight-Hennessy. Agar lolos seleksi, kalian harus mampu menunjukkan melalui formulir aplikasi dan semua proses seleksi yang harus dilewati bahwa kriteria tersebut memang ada pada diri kalian.

Baca juga: Apa Itu Gelar MA dan MBA yang Diraih Maudy Ayunda Setelah Lulus Universitas Stanford?

Tanggal dan Batas waktu Pendaftaran

Pendaftaran beasiswa Knight Hennessy dibuka pada  1 Agustus 2021 dan ditutup 6 Oktober 2021 pada 13:00 Waktu Pasifik. Pemberitahun kepada calon penerima beasiswa dilakukan pada tanggal 26 Januari 2022.

Pengumuman final penerima  beasiswa akan dilakukan pada 15 Maret 2022. Sementara itu, dokumen administrasi yang menjadi syarat pendaftaran program beasiswa ini, antara lain:

  • Curriculum vitae
  • Transkrip
  • Surat rekomendasi
  • Membuat esai dan mengisi seluruh pertanyaan secara singkat dalam formulir aplikasi online.

Langkah-Langkah Pendaftaran

Untuk mendapatkan beasiswa ini, kalian harus terlebih dahulu diterima sebagai mahasiswa jenjang magister di Universitas Stanford.  Hal ini nantinya harus dibuktikan lewat letter of acceptance (LOA). Setelah itu, berikut langkah-langkah yang harus kalian lalui:

Langkah 1: lakukan pendaftaran online dengan mengunggah dokumen yang menjadi syarat administrasi.

Langkah 2: lakukan pendaftaran online sebelum batas waktu dan pastikan semua data yang diisikan dalam proses pendaftaran sudah benar karena Anda tidak bisa mengeditnya setelah aplikasi terkirim, kecuali skor tes dan pemberi rekomendasi

Langkah 3: Jika perlu, perbarui skor tes melalui halaman status aplikasi Anda.

Sebagai tips, kalian harus menyiapkan dan mengirimkan semua syarat yang diperlukan dalam aplikasi pendaftaran sebelum batas waktunya. Kalian juga harus menyerahkan semua materi atau syarat pendaftaran beasiswa Knight-Hennessy dalam bahasa Inggris secara online.

Semua proses pendaftaran beasiswa ini dilakukan secara online. Saat proses pendaftaran, panitia seleksi akan meminta detail informasi kontak, latar belakang diri, pengalaman, aktivitas sehari-hari, dan minat.

Jadi, kalian harus memberikan informasi selengkap mungkin untuk menunjukan kepada pihak pemberi beasiswa bahwa kalian benar-benar memenuhi kriteria untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

Seluruh proses pendaftaran program beasiswa Knight-Hennessy ini tidak dipungut biaya. Kalian hanya perlu membayar biaya pendaftaran program pascasarjana saja.

Model pendaftaran online beasiswa ini juga terdiri dari form mengenai data resume. Pada bagian ini, kalian hanya perlu menuliskan minat dan latar belakang pendidikan.

Di bagian form transkrip, kalian hanya perlu mengunggah transkrip nilai atau catatan akademik program sarjana beserta ijazah.

Setelah itu, kalian akan diberikan pertanyaan mengenai diri kalian sendiri. Berikut contoh pertanyaan yang diberikan:

  • apa rencana kalian setelah lulus dari Stanford?
  • apa manfaat belajar di Stanford dan pengalaman mendapatkan beasiswa ini untuk cita-cita kalian?
  • bagaimana pengalaman hidup membentuk kepribadian kalian saat ini?

Kalian hanya perlu menjawab pertanyaan yang disediakan dengan singkat, padat, dan jelas. Nantinya, kalian juga akan diminta membuat esai dan melampirkan surat rekomendasi dari dua orang yang benar-benar mengenal kalian dengan baik.

Jika saat mendaftar program pascasarjana di Stanford kalian harus mengikuti tes tertentu, skor tes yang kalian ikuti juga harus dilampirkan dalam pendaftaran beasiswa. Jika tidak ada tes tertentu, maka kalian juga tidak perlu melampirkannya.

Nah, itulah program beasiswa Knight-Hennessy yang bisa kalian coba untuk mendapatkan bantuan biaya melanjutkan studi di Universitas Stanford.

Bisa dibilang, program beasiswa ini adalah alternatif bagi kalian yang kurang beruntung ketika mendaftar beasiswa LPDP.

Ada banyak jalan yang bisa kalian manfaatkan untuk melanjutkan studi ke luar negeri. Dengan begitu, mahalnya biaya pendidikan tak lagi adi penghambat untuk melanjutkan studi di kampus impian.

Baca juga: 38 Profesi yang Bisa Diraih, Jika Berkuliah di Universitas Mahakarya Asia

Leave A Reply

Your email address will not be published.