Berita Nasional Terpercaya

Apa Itu Local SEO? Yuk Simak Penjelasannya

0

BERNAS.ID – Anda pasti ingin jika bisnis anda berkembang dan sukses, apalagi di area lokal anda. Ada cara mudah yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan hasil tersebut, yaitu dengan local SEO.

Di era modern digital saat ini, hampir seluruhnya pebisnis memanfaatkan internet untuk dapat menggaet sebanyak-banyaknya konsumen.

Selain full SEO yang lumayan ribet untuk bisa membantu kesuksesan bisnis anda, anda juga bisa melirik local SEO yang lebih simple (karena cakupan areanya yang tidak terlalu luas/global), untuk menjangkau pelanggan yang berada di sekitar area bisnis anda.

Baca Juga : Pentingnya Kecepatan Website dalam SEO

Seperti apa itu local SEO? Pengertian local SEO? Mari kita bahas!

Pengertian Local SEO?

Local SEO adalah proses mengoptimalkan SEO untuk bisnis anda agar mendapatkan peringkat tertinggi di pencarian lokal di mesin pencari Google.

Mungkin anda pernah mengalami hal seperti ini, saat mencari sesuatu di Google, contohnya saat anda sedang mencari ‘waroeng steak terdekat’, dari pencarian yang anda lakukan itu, sudah pasti Google otomatis menampilkan hasil waroeng steak yang area lokasinya berada di dekat anda.

Kebanyakan pengguna melakukan pencarian sesuai dengan area lokasinya. 

Nah dari hal tersebut, para pebisnis bisa memanfaatkannya untuk memaksimalkan produk jualan atau websitenya di area lokal.

Pentingnya Local SEO

Seberapa besar pentingnya menerapkan local SEO untuk bisnis kita? Sebanyak 70% orang melakukan penelusuran lokal dahulu dengan menggunakan phone seluler untuk mencari produk yang dekat dengan mereka. Melihat dari data tersebut, local SEO merupakan kunci penting dalam mengembangkan bisnis di area lokal dahulu, sebelum akhirnya menjangkau lokasi yang lebih luas.

Hal ini akan sangat membantumu untuk menarik pembeli karena mengetahui lokasi bisnis anda yang dekat dengan mereka, mereka datang ke toko anda dan melakukan pembelian.

Cara Memaksimalkan Local SEO

Berikut Cara memaksimalkan Local SEO untuk bisnis anda:

1. Optimalkan Google My Business

Apakah anda sudah mengetahui dan menggunakan Google My Business? Jika belum silahkan pelajari disini Google My Business. 

Dilansir dari Ahrefs, Google My Business merupakan sebuah tool yang sangat bagus untuk dapat digunakan dalam memaksimalkan local SEO yang bisa membuat bisnis anda terdeteksi oleh halaman pencarian Google dan Google Maps.

Buka Google My Business, dan daftarkan bisnis anda di sana. Anda bisa menggunakan halaman Gmail untuk mendaftarkan Google My Business anda.

Lalu lengkapi profil anda dengan mengisi nama bisnis, logo, kategori, foto produk dan lain-lain.

Nanti profile Google My Business anda akan ditampilkan seperti dibawah ini jika ada pengguna yang mencarinya di Google.

Tampilan pencarian di Google

Cantumkan juga nama website bisnis anda ke Google My Business.

2. Buatlah Konten Lokal yang Menarik

Apa itu konten lokal? Konten lokal adalah anda membuat konten yang isinya informasi seputar kota di mana saat ini bisnis anda berada. Buatlah konten tersebut dengan isi yang semenarik mungkin.

Contoh, anda menjalankan bisnis Properti di Yogyakarta. Maka, buatlah konten lokal yang isinya mengenai perkembangan properti atau informasi – informasi seputar properti yang sedang terjadi dan berkembang di kota Yogyakarta.

Hal – hal tersebut diatas adalah penting dilakukan untuk mengoptimalkan local SEO anda.

Dilansir dari Hubspot, walaupun membuat konten secara luas itu akan menarik banyak orang, namun konten lokal akan lebih membantu anda fokus agar dapat banyak menarik audiens lokal terlebih dahulu.

Sekian pembahasan seputar Local SEO, Semoga Bermanfaat.

 

(Harry Patty)

Leave A Reply

Your email address will not be published.