Berita Nasional Terpercaya

Data Youtube di Indonesia dan Perkembangannya untuk Para Youtuber

0

Data Youtube di di Indonesia menunjukkan bahwa Youtube akan terus berkembang, para Youtuber baru akan terus muncul, dan tetap jadi raja platform berbagai video.  Hingga saat ini, Youtube adalah platform digital paling populer yang menyajikan konten berbagi video.

Saking populernya dan banyaknya video yang diunggah, Youtube bisa jadi sarana mempelajari aktivitas yang dilarang hukum. Seperti yang dilakukan komplotan penjahat belajar membobol ATM dari Youtube.

Walaupun pesaing terus datang silih bergganti, Youtube juga masih tetap mengalami perkembangan pesat dilihat dari jumlah penggunanya. Bagaimana detail perkembangan platform berbagi video satu ini? Berikut ini adalah statistik Youtube Indonesia dari riset Google.

 

Youtube Mulai Menggantikan Televisi

Dominasi Youtube sebagai platform video memang tidak diragukan lagi. Menurut sebuah survei menunjukkan dari 1.500 responden yang terlibat dalam sebuah penelitian, menyatakan bahwa 53% mengakses Youtube setiap hari. Sedangkan 57% lainnya menonton televisi setiap hari.

Selain itu pengguna Indonesia seringkali menggunakan Youtube untuk menonton konten yang mereka tidak sempat tonton di televisi.

Ilustrasi Data Youtube di Indonesia dan Perkembangannya untuk Para Youtuber Ilustrasi Youtuber

Baca juga: Ingin Jadi Youtuber? Simak 5 Cara Kamu Bisa Monetisasi Youtube

Youtube Menjadi Platform Video yang Banyak Dicari

Sebagai platform yang berbasis video, Youtube telah digunakan oleh banyak orang Indonesia daripada platform berbasis video yang selainnya. Dari hasil riset jumlah pengguna Youtube di Indonesia menunjukkan sekitar 92% menggunakan Youtube untuk menonton video.

Dari hasil riset menunjukkan bahwa secara umum pengguna Youtube dari Indonesia menyatakan bahwa Youtube adalah tujuan pertama mereka untuk mencari konten video. Mereka berpendapat bahwa platform berbagi video yaitu Youtube memudahkan mereka untuk mencari konten yang menarik dan juga beragam.

 

Youtube Semakin Populer di Masyarakat Rural

Tidak hanya dari kalangan masyarkat urban saja yang menikmati konten Youtube, dari data statistik pengguna Youtube di Indonesia menunjukkan bahwa masyarakat rural juga lebih banyak menikmati konten dari Youtube.

Baca juga: Informasi Youtube Lengkap; Sejarah, Cara Download, dan Cara Youtube Shorts

Ada beberapa faktor yang menyebabkan masyarakat rural semakin populer terhadap Youtube dan menikmatinya. Berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut :

  1. Penyediaan infrastruktur internet yang makin bagus dan meluas di berbagai daerah.
  2. Harga untuk berlangganan untuk mengakses internet semakin murah dan mudah dijangkau oleh kalangan masyarakat rural.
  3. Banyak konten video Youtube dengan topik-topik yang banyak disukai oleh masyarakat rural.

Untuk kategori konten yang disukai masyarakat urban sendiri lebih kepada konten yang menunjang kehidupan sehari-hari seperti konten tentang travel, lifestyle  atau video instruksi. Sedangkan masyarakat rural lebih menyukai konten hiburan seperti musik, komedi atau sepakbola.

 

Kreator dan Brand Lebih Produktif Memproduksi Video

Banyaknya pengguna Youtube di Indonesia dilihat dari data pengguna Youtube di Indonesia dan beragamnya minat pengguna Youtube di Indonesia membuat para kreator video dan pemilik brand menjadi lebih produktif untuk menghasilkan video.

Hal ini dilihat dari semakin banyaknya para kreator yang berhasil mendapatkan gold play button (penghargaan bagi kreator video Youtube yang telah menembus satu juta subscriber). Penghargaan gold play button untuk kreator Indonesia sendir pertama kali didapatkan oleh Raditya Dika pada Mei bulan 2018 dengan jumlah subscriber waktu itu 3,8 juta subscriber. 

Selain itu para pemilik brand menyadari bahwa Youtube menjadi sarana penarik konsumen dengan pesan yang kreatif. Beberapa pesan kreatif yang disampaikan oleh brand adalah dengan membuat video seperti:

  1. Membuat iklan lewat cerita yang dikemas dengan video serial  bersambung.
  2. Memanfaatkan momen-momen besar.
  3. Menggunakan sosok selebriti yang terkenal.

Melihat data Youtube di Indonesia dan perkembangannya saat ini tentu saja akan terlihat celah menghasilkan cuan. Bagi Anda yang ingin menjadi kreator video, tentu tidak ada salahnya untuk mencoba untuk menjadi Youtuber baru saat ini. Akan tetapi, tetap perhatikan efek sosial yang hadir di masyarakat. Jangan sampai seperti youtuber Jepang yang membuat video meremas payudara secara gratis. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.