Berita Nasional Terpercaya

Pemerintah Fokus Bantu Jualan Produk-Produk UMKM Disabilitas di Masa Sulit Pandemi

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Masa pandemi Covid-19 berdampak nyata pada turunnya penjualan produk-produk UMKM dari disabilitas di Yogyakarta. Sedikitnya wisatawan yang berkunjung dan tutupnya sejumlah toko menjadi faktor penyebab tidak lakunya produk-produk UMKM.

Permasalahan tersebut dibicarakan dalam Forum Discussion Group (FGD) bertajuk “UMKM Disabilitas Masa Depan Berbasis Ekonomi Kreatif dan Adaptif di Masa Pandemi Covid-19”. FGD ini diselenggarakan di Jogja Nasional Musem (JNM), Yogyakarta dihadiri puluhan peserta disabilitas berasal dari Klaten, Magelang, dan Yogyakarta.

Angkie Yudistia, Staf Khusus Presiden mengatakan, FGD dilaksanakan untuk mewadahi kendala-kendala penjualan produk para disabilitas yang mempunyai UMKM. “Diskusi ini akan mewadahi, apa sih yang teman-teman inginkan dan butuhkan agar kami lebih tahu,” jelasnya, Sabtu (5/6/2021). 

Angkie meyakinkan kepada para disabilitas bahwa Staf Khusus Kepresidenan akan menampung semua kebutuhan dan harapan-harapan yang disampaikan. “Kita akan menampung untuk diteruskan kepada pemerintah, baik pusat dan daerah,” katanya.

“Mari kita nanti masing-masing berbagi cerita produk dan kita akan lebih intens untuk menyampaikan uneg-uneg, apa yang dirasakan ingin disampaikan,” imbuhnya.

Untuk di Yogyakarta, Angkie mengatakan telah berkoordinasi dengan JNM dan Jogja MBloc agar memiliki program nyata untuk membantu kaum disabilitas di masa Pandemi Covid-19. “Kita telah berkoordinasi agar Yogyakarta mempunyai program secara inklusif untuk teman-teman disabilitas,” ucapnya.

Diketahui, berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo di Hari Disabilitas Internasional pada tanggal 3 Desember 2020, disahkan 7 peraturan pemerintah dan 2 peraturan presiden sebagai peraturan turunan dari UU No 8 Tahun 2016 tentang penyandang disabilitas.

KPH Wironegoro menyatakan sangat mendukung program bantuan untuk para disabilitas yang memiliki UMKM di masa pandemi. “Kami sepakat dengan program Staf Khusus Presiden RI karena akan menciptakan ekosistem yang tidak hanya bertahan di masa pandemi, tapi juga bisa adaptif, bahkan melakukan inovasi,” tuturnya. 

Ia mengatakan, pada tanggal 8 Juli nanti, JNM akan menyelenggarakan ArtJog, pameran seni rupa visual terbesar di Indonesia dan dunia yang tetap bisa terlaksana selama dua tahun di masa pandemi.

“Kita akan mengaktifkan suatu sudut di kompleks JNM, sebagai JNM Bloc untuk mewadahi produk-produk UMKM dari disabilitas. Ini adalah sebuah gerakan di masa pandemi yang sangat pro lokal, membantu  ekonomi yang terdampak pandemi,” jelasnya. 

KPH Wironegoro menyebut JNM Bloc akan memfasilitasi teman-teman berkebutuhan khusus yang mempunyai produk-produk UMKM yang baik. Hal ini dilakukan sebagai salah satu cara luar biasa untuk membantu para disabilitas. “Produk teman disabilitas akan menjadi produk yang ditampilkan di JNM Bloc,” katanya.

Lance Mengong, Presiden Direktur JNM Bloc dan MBloc di Jakarta akan membantu para disabilitas yang memiliki UMKM. “Kita akan membantu mengubah arah bisnis dan mencari arah baru,” ucapnya.

“Rencananya JNM blok, akan dibuat banyak usaha untuk meningkatkan usaha yang dibuat teman-teman disabilitas yang mempunyai UMKM,” imbuhnya.

Lance mengungkapkan pihaknya memiliki tim inkubasi dan kurasi. Tim itu akan membuat produk-produk dari disabilitas agar semakin bagus dan berkualitas. “Kita sama-sama belajar dan melihat potensi dari teman-teman disabilitas. Di NM Bloc, produk-produk akan ditaruh paling depan,” ungkapnya.

Salah satu peserta, Supriyanto, warga Sendangsari, Pajangan, Bantul mengatakan pandemi Covid-19 sangat berdampak pada produk-produk dari disabilitas yang mempunyai UMKM.

Ia menceritakan untuk produk-produknya seperti sandal hotel, keset dari kain percaya, kipas, dan berbagai macam souvenir pernikahan. “Untuk sandal hotel sebelum pandemi, kita ada MoU dengan berbagai hotel. Di masa pandemi, kita berhenti semua,” terangnya. 

Saat ini, lanjutnya kegiatan selama pandemi beralih ke pembuatan kompos untuk memupuk tanaman sayur yang ditanam para disabilitas. “Kegiatan selama pandemi lebih fokus ke kita sendiri untuk tanaman sayur yang bisa dikonsumsi dan dijual,” katanya.

Ia pun berharap dengan adanya FGD ini, produk-produk disabilitas dari Balai Kerja Bina Siwi yang dikelolanya bisa dibantu untuk pemasaran. Dampaknya agar bisa lebih menyejahterakan. “Untuk anggota, kita ada 47 disabilitas,” katanya. (jat

Leave A Reply

Your email address will not be published.