Berita Nasional Terpercaya

Menteri PUPR: MotoGP Mandalika Membawa Manfaat Ekonomi Bagi Masyarakat Lokal

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Perhelatan MotoGP yang digelar di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada tanggal 18-20 Maret ini diyakini membawa manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat.

“Benar-benar MotoGP ini menjadi promosi wisata yang sangat besar bagi Mandalika, termasuk untuk ekonomi di Mandalika,” tutur Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono di Podkabs (Podcast Kabinet dan Sekretariat Kabinet), yang tayang perdana Jumat (18/3/2022) di kanal YouTube dan Spotify Sekretariat Kabinet (Setkab).

Basuki mengatakan, dalam rangka mendukung ajang balap motor internasional tersebut, pihaknya telah melakukan sejumlah pembangunan infrastruktur pendukung dan penataan di kawasan Mandalika.

Baca Juga : Jokowi Puas Quartararo Dapat Juara Dua di MotoGP Mandalika

Pertama, pemerintah telah membangun jalan bypass yang menghubungkan Bandara Internasional Lombok (BIL) dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Jalan sepanjang 17,3 kilometer yang diresmikan Presiden Joko Widodo di akhir tahun lalu dapat memangkas waktu tempuh antara bandara dengan KEK Mandalika.

Kemudian juga dilakukan penataan Jalan Bypass BIL – Mandalika tersebut dengan mengedepankan estetika, melalui kegiatan penghijauan dan penataan koridor jalan.

“Itu tidak hanya (membangun) jalannya tapi sekarang kita juga termasuk penghijauannya, karena kita ingin menunjukkan pada dunia bahwa kita membangun berdasarkan kaidah-kaidah lingkungan,” kata Basuki.

Selanjutnya, pemerintah melalui Kementerian PUPR juga telah melakukan pelebaran Jalan Kuta-Keruak dengan menambah lajur eksisting menjadi 4 lajur, pembuatan saluran drainase beton di tepi luar badan jalan dan perbaikan alinyemen vertikal dan horizontal jalan eksisting.

“Jalan dari Kuta ke Keruak sepanjang 5,5 kilometer kita lebarkan karena kita pengen supaya yang ke sana juga enjoy,” imbuhnya.

Selain itu, pemerintah juga membangun sarana hunian pariwisata (sarhunta) atau homestay. Keberadaan homestay ini diharapkan dapat mendukung Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Mandalika – Lombok dan juga menjadi alternatif hunian bagi para wisatawan yang akan berkunjung ke Mandalika selama ajang balap internasional MotoGP.

“Rumah-rumah sekitar Mandalika kita lakukan upgrading untuk menjadi rumah yang layak karena kita tidak ingin menyiapkan perhelatan tapi kawasannya menjadi kumuh, masyarakatnya tetap menjadi hanya penonton. Itu kita bantu perumahannya, tempat jualannya menjadi lebih baik, lebih sehat. Kita juga membangun homestay-homestay, ada 900-an homestay yang kita bangun,” ungkapnya.

Basuki menambahkan, hunian yang ada di kawasan Mandalika saat ini sudah terisi oleh para wisatawan yang akan menonton ajang MotoGP. Pemerintah juga menyiapkan beberapa kapal untuk menjadi hotel terapung selama gelaran MotoGP.

Dengan semua dukungan yang diberikan pemerintah tersebut, Basuki optimistis perhelatan MotoGP ini tidak hanya memanjakan para penggemar balapan motor tetapi juga memberikan manfaat bagi sektor pariwisata dan ekonomi masyarakat.

Baca Juga : Pembalap Astra Honda Veda Ega Bertemu Presiden RI dan Ikuti Parade MotoGP Mandalika 2022

“Belum nanti souvenir-souvenir, di sana souvenir mutiara kan pasti tempatnya dan kain tenun di Desa Sade bisa dibawa ke sana, dan saya kira ini akan menghidupkan (perekonomian masyarakat),” terangnya.

Sebagaimana diketahui, Indonesia masuk dalam kalender MotoGP di mana Sirkuit Mandalika menjadi seri kedua. Sebelumnya, para pembalap telah melakukan tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika pada bulan Februari lalu.

Sementara pada November tahun lalu, di Mandalika telah sukses digelar ajang World Superbike (WSBK).

Sebagai informasi, Podkabs adalah podcast atau siniar resmi Setkab yang berisi banyak obrolan dan diskusi tentang berbagai topik, mulai dari kebijakan pemerintah atau pun hot issue yang berkembang di masyarakat saat ini. 

Diskusi dengan berbagai narasumber tersebut dikemas dengan penyampaian yang ringan dan juga santai. (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.