Berita Nasional Terpercaya

Tanpa HET, Harga Minyak Goreng Tembus Rp 25.000 per Liter

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Pemerintah telah mencabut kebijakan harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng kemasan. Saat ini harganya tidak lagi diatur seperti sebelumnya, melainkan menyesuaikan dengan harga keekonomian alias mengikuti harga di pasar.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan (Kemendag), Oke Nurwan mengatakan, tanpa HET harga minyak goreng kemasan bisa tembus Rp 25.000 per liter. Besaran itu dinilainya masih wajar.

“Minyak itu saya perkirakan harga wajarnya ditingkat Rp 19.000 sampai Rp 25.000 (per liter) dari curah sampai premium,” kata Oke, Kamis (17/3/2022).

Baca juga: HET Dicabut, Pemkot Jogja Tunda Distribusi 6 Ton Minyak Goreng

Menurutnya, harga keekonomian minyak goreng kemasan memang berbeda-beda dari satu brand dengan brand lainnya.

“Harga keekonomian untuk kelas premium memang segitu. Harga keekonomian kan biaya produksi, harga CPO, dan beda-beda juga. Harga keekonomian tuh brand, TV merek Sony, LG beda kan dengan TV merek yang lain,” imbuhnya.

Baca juga: Mendag Tegaskan Kebijakan Minyak Goreng Satu Harga

Jika ada yang menjual minyak goreng kemasan di atas harga wajar tersebut Oke menegaskan, jangan dibeli. “Mau jual Rp 27.000 per liter boleh, mau dibeli nggak? Apalagi mereknya nggak dikenal,” imbuhnya.

Sebelumnya harga minyak goreng kemasan diatur oleh pemerintah dengan HET untuk kemasan sederhana Rp 13.500/liter dan kemasan premium Rp 14.000/liter. Saat ini yang diatur hanyalah minyak goreng curah dengan harga Rp 14.000/liter, dari sebelumnya 11.500/liter. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.