Berita Nasional Terpercaya

Hindari 7 Hal ini Agar Warna Cat Sepeda Motor Semakin Awet

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa warna cat bodi sepeda motor akan memudar seiring berjalannya waktu. Upaya untuk mempertahankan warna ini bisa dibilang gampang-gampang susah, terutama karena menjaga kebersihan sepeda motor saja tidak cukup. 

Technical Training Coordinator Astra Motor Yogyakarta, Danang Priyo Kumoro menyampaikan, ada beberapa hal yang harus dihindari oleh pemilik sepeda motor agar warna sepeda motor kesayangannya semakin awet dan tidak cepat pudar. 

Beberapa faktor yang menyebabkan warna cat bodi sepeda motor cepat pudar antara lain adalah sebagi berikut:

Baca Juga : Agar Kinerja Mesin Motor Selalu Optimal, Ini yang Harus Anda Dipahami

1. Paparan Sinar Matahari 

Dalam jangka waktu yang lama, radiasi sinar ultraviolet (UV) dari matahari berpotensi merusak lapisan cat sepeda motor dan menyebabkan warna menjadi kusam. 

Sehingga sangat disarankan untuk memilih tempat parkir yang teduh. Biasanya cat yang kusam akibat paparan sinar matahari ini ditemukan pada sepeda motor yang biasa terpmarkir di area terbuka. 

2. Gesekan Terus Menerus 

Gesekan terus menerus pada bodi sepeda motor berpotensi untuk menggerus lapisan cat sepeda motor. 

Biasanya cat yang kusam akibat gesekan terus menerus ini ditemukan pada sepeda motor yang sering digunakan untuk membawa barang berat dengan tas atau lapisan tambahan yang mengenai bodi sepeda motor. 

3. Air Hujan 

Air hujan mengandung asam nitrat (HNO3) yang bisa merusak lapisan cat bodi motor. Hal tersebut dapat diperparah jika kita tinggal di perkotaan dengan polusi udara yang tinggi dimana  kandungan zat asam nitrat lebih tinggi. 

Kondisi tersebut bisa mempercepat rusaknya lapisan cat sepeda motor serta mempercepat proses korosi pada komponen berbahan logam. 

4. Tumpahan Minyak 

Tetesan atau tumpahan minyak rem pada bodi berpotensi merusak cat karena sifatnya yang mudah meresap ke permukaan cat. Tak cuma minyak rem, bahan bakar minyak dan thinner juga bisa membuat cat motor rusak.  

5. Debu 

Debu yang terlalu lama dibiarkan menempel pada bodi akan menurunkan kilap cat bodi motor. Selain itu, debu juga berpotensi membuat goresan halus atau baret yang pada akhirnya akan membuat daya kilap cat berkurang  dan terlihat kusam. 

6. Penggunaan Sabun Cuci 

Penggunaan sabun atau sampo yang kurang tepat juga bisa membuat warna cat bodi motor cepat pudar. Hal itu disebabkan oleh kandungan kimia yang keras di dalam sabun atau sampo yang bisa mempercepat proses pemudaran warna cat. 

Baca Juga : Ini Cara Perawatan Kampas Rem Sepeda Motor Kesayangan

7. Proses Pengeringan 

Proses pengeringan setelah dicuci yang dilakukan asal-asalan atau masih meninggalkan butiran air dan sabun bisa menimbulkan noda pada cat bodi sepeda motor. 

Dalam tahap yang lebih ekstrim, hal ini dapat mengakibatkan munculnya bercak-bercak bahkan berjamur di permukaan cat. 

“Penting bagi pemilik sepeda motor untuk menghindari 7 hal tersebut agar cat bodi sepeda motor semakin awet dan kilapnya tahan lama. Selain itu jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan sepeda motor kesayangan,” kata Danang. (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.