Berita Nasional Terpercaya

Bantu Pemulihan Ekonomi, Dinkop UKM DIY Adakan Gelaran Produk Sibakul Enam Hari

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Dinas Koperasi dan UMKM DIY secara berkelanjutan terus melakukan upaya pemulihan ekonomi yang tetap mendasarkan pada penerapan protokol kesehatan. Salah satunya adalah dengan melaksanaan pameran offline dan online (virtual) yang digelar dengan strategi adaptasi kebiasaan baru.

Memanfaatkan momentum pada bulan Desember 2020, seperti Hari Difabel Internasional pada 3 Desember, Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional pada 20 Desember, dan momentum Hari Ibu pada 22 Desember, Din Kop UMKM DIY menyelenggarakan kegiatan Gelaran Produk Sibakul dengan tema ?Inspirasi Jogja Istimewa Menembus Batas?.  

Lewat pameran tersebut, Dinkop UMKM DIY ingin menegaskan bahwa UMKM tetap dapat bertahan dalam semangat Jogja Istimewa yang tetap menjunjung tinggi nilai-nilai solidaritas, tanpa diskriminasi, dan berpihak pada kaum rentan dengan pemberdayaan berkelanjutan. Nilai-nilai universal yang disarikan dari semangat gotong-royong itulah yang akan menembus batas ruang dan waktu sebagai bentuk keistimewaan warga untuk kesejahteraan keluarga.

GKR Bendara selaku Pembina UMKM di Yogyakarta hadir membuka Gelaran Produk Sibakul (off line), Pameran Virtual dan Rembug Desa (Angkringan) yang di selenggarakan Dinas Koperasi Dan Usaha Kecil Menengah Pemerintah Daerah DIY di Ruang Rapat Sekar Jagad Kantor Dinas Koperasi Dan Usaha Kecil Menengah Jl HOS Cokroaminoto 152 Tegalrejo Yogyakarta, Minggu ( 6/12/20).

GKR Bendara dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaku UMKM adalah seorang pejuang istimewa yang berjuang di masa Pandemi .

?Pelaku UMKM adalah seorang pejuang istimewa yang berjuang di masa Pandemi, yang tidak lelah berpikir untuk keluar dari masalah karena terdampak usahanya, kita berjuang untuk tidak mudah menyerah,? demikian GKR Bendara dalam sambutannya.

Di sampaikan juga oleh GKR Bendara bahwa saat ini adalah saatnya untuk tidak egois, tapi harus bekerjasama dengan semua pihak agar tetap mampu bertahan di masa yang sulit ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, Srie Nurkyatsiwi mengatakan bahwa saat ini para pelaku UMKM waktunya bukan lagi bangkit, tapi harus survive.

Gelaran Produk Sibakul merupakan pameran offline yang dilaksanakan di lingkungan Dinas Koperasi dan UMKM DIY, Jl. HOS Cokroaminoto No.162, Tegalrejo, Kec. Tegalrejo, Kota Yogyakarta, dengan diiringi Pameran Virtual selama satu minggu pada awal Bulan Desember 2020.  

Pameran ini dilaksanakan dengan tetap memperhatikan skema protokol kesehatan yang melibatkan UMKM mitra Sibakul Jogja, termasuk didalamnya UMKM dari para disabilitas.  Gelaran produk Sibakul dilaksanakan secara terbatas dengan harapan tetap terjadi transaksi great sale secara daring.  Harapannya, semua aktivitas dalam Gelaran Produk Sibakul dapat membantu UMKM untuk bisa bertahan dan tetap berkarya pada masa pandemi covid-19 ini.

Selain sebagai sarana promosi dan pemasaran produk-produk UMKM dengan tetap berpijak pada standar protokol kesehatan, Gelaran Produk Sibakul ini juga dilaksanakan dengan tujuan antara lain untuk ikut memberdayakan dan mempromosikan produk-produk UMKM secara offline maupun online, turut serta memberikan pencerahan kepada publik dan UMKM tentang penerapan protokol kesehatan dalam menjalankan usaha, memberikan sosialisasi dan inspirasi kepada publik tentang semangat berwirausaha melalui rangkaian talkshow, serta mengenalkan produk-produk desapreneur.

Acara tersebut dilaksanakan selama enam hari yaitu pada hari Minggu (6-10 Desember 2020), dan dilanjutkan pada hari Sabtu 12 Desember 2020, pada pukul 08.00 sampai 20.00 WIB. Bentuk kegiatannya antara lain Pameran Produk UMKM secara offline di lingkungan  Dinas  Koperasi dan UMKM  DIY, yang diikuti oleh 100 produk-produk UMKM. Pameran Virtual yang diikuti oleh 30 UMKM unggulan DIY, talkshow tematik. Acara lainnya adalah Rembug Desa Pojok SIBAKUL dengan menggandeng komunitas rentan, seperti UMKM dari kaum difabel yang juga sangat terpukul akibat pandemi ini. (nch)

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.