Berita Nasional Terpercaya

3 Cara Jadikan Google sebagai Mesin Pencari Uang

0

Selama ini dikenal sebagai mesin pencari, ternyata tidak hanya itu yang bisa dilakukan oleh Google.  Bernas.id, Senin (9/3/2020) telah merangkumkan untuk kamu, 5 cara untuk mendapatkan uang dari Google. Dengan begitu, kamu bisa memilih cara mana yang akan kamu gunakan untuk monetisasi.

1. Google Bisnisku/Google My Business

Dewasa ini banyak pengguna internet bergantung pada Google untuk menemukan sesuatu, misalnya restoran, kafe, bengkel, supermarket, apotek, dan banyak bisnis lainnya. Oleh karena itu, bagi sebuah bisnis hasil pencarian Google sangat penting. Bisa dibilang, bisnis kamu muncul di Google maka bisnis kamu hidup. Bisnis tidak muncul di mesin pencarian Google, bisnismu sekarat atau bahkan mati.

Tentu kamu tidak mau bisnismu tenggelam hanya karena tidak muncul di Google kan? Tapi jangan khawatir, Google tahu pasti akan hal itu dan memiliki caranya yaitu lewat Google Bisnisku atau Google My Business.

Yang harus kamu lakukan adalah membuat profil bisnis yang sedang kamu jalankan berikut keterangan lengkap tentangnya. Nama toko atau usaha kamu, jam buka, menu dan daftar harga, media sosial, website, foto, review semua harus lengkap kamu cantumkan. Kamu juga harus mengudpate segala informasi seperti jam buka, perubahan menu, atau bahkan diskon.

Google akan menampilan semua informasi tadi dalam bentuk snippet menarik di sebelah kanan hasil pencarian. Selain itu, Google juga menawarkan website sederhana untuk bisnis. Semua informasi bisnis kamu akan ditampilkan secara rapi dan rinci. Tentu ini menambahkan eksposur dan reputasi bisnis kamu.

Memang, tidak serta merta kamu kemudian mendapatkan uang dengan cara ini. Tapi paling tidak bisnismu terinformasikan dengan baik pada khalayak dan besar peluangnya untuk dipercayai calon pelanggan.

2. Google AdSense

Google mempunyai layanan pemasangan iklan yang bernama Google AdSense. Syarat untuk dapat mengikuti layanan ini adalah kamu harus memiliki website untuk bisnismu. Hal tersebut karena, Google AdSense adalah layanan yang akan menggunakan space atau ruang di website kamu untuk menampilkan iklan. Nantinya, para pengiklan yang akan menawar ruang tersebut.

Penyedia iklan dengan penawar harga tertinggi lah yang akan mendapatkan ruang dalam website tersebut. Lalu, dari mana kamu monetisasinya?

Sebagai pemilik website kamu akan dibayar berdasarkan jumlah orang yang melihat dan mengklik iklan yang ada di website kamu. Iklan yang tampil di website akan menyesuaikan audiens dan niche website sehingga iklan-iklan aneh atau porno tidak akan muncul di webiste kamu.

Kamu memang tidak memilih iklan apa saja yang muncuk di website tapi kamu bisa mengedit format dan desain iklan. Jika pun kamu tidak menyukai salah satu iklan yang muncul di website mu maka kamu bisa menghapusnya.

Pastikan kamu memiliki website yang bagus dan mampu menghadirkan banyak pengunjung. Lalu, kamu tinggal mengisi formulir yang ada di website Google AdSense untuk mendaftar.

3. Google Ads

Cara kerja Google Ads memang sedikit berbeda dengan cara sebelumnya karena di sini kamu tidak langsung mendapatkan uang. Meskipun demikian, lewat Google Ads kamu bisa memperbesar peluang untuk meraup untung dari bisnis online.

Bagi pebisnis, apa saja yang memperbesar peluang mendapat untung tentu adalah hal yang menarik.

Lewat Google Ads, kamu akan ditawari opsi untuk menampilkan bisnis kamu di hasil pencarian teratas. Keren bukan.

Selain itu, Google Ads juga menyediakan bentuk iklan dan medium iklan yang berbeda. Misalnya, iklan promosi bergambar, selipan klip di video youtube, serta iklan-iklan dalam aplikasi.

Google Ads menerapkan sistem Pay-Per-Click atau PPC. Kamu bisa mengajak teman-temanmu untuk mengklik iklanmu maka Google akan menghitung uangnya. Menguntungkan bukan?

Segala hal yang muncul di internet bisa dijadikan alat untuk jualan. Ingin semakin meningkatkan kemampuan digital marketing kamu? Kamu bisa belajar lewat https://bernas.info/MentoringDigitalMarketing . Di situ kamu akan dilatih untuk meningkatkan income hingga belasan juta rupiah. (sn)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.