TikTok memberikan keleluasaan aktivitas digital marketing bagi UMKM dan pelaku pemasaran karena memiliki algoritma yang mampu membuat sebuah menjangkau dan melibatkan banyak pengguna tanpa perlu banyak syarat.
Algoritma TikTok yang fokus untuk memviralkan konten memungkinkan sebuah akun TikTok dengan pengikut nol dapat memperoleh jutaan penayangan. Hal tersebut tentu saja berbeda dengan media sosial seperti Instagram atau YouTube.
Baca juga: 10 Keuntungan Bisnis Karena Internet Marketing
Intensitas pengguna TikTok memakai aplikasi tersebut cenderung lebih tinggi daripada platform media sosial lainnya, sehingga pemasar dapat membuat kampanye yang menghasilkan efek luar biasa. Pemasaran di TikTok sangat cocok jika bisnis Anda menargetkan audiens berusia muda, terutama wanita. Hampir setengah dari pengguna TikTok (43%) berusia antara 18 dan 24 tahun. Wanita dalam kelompok usia tersebut menyumbang sekitar seperempat dari penayangan iklan TikTok (24,7 persen).
Artikel ini akan membahas TikTok, UMKM, dan digital marketing dalam 3 sub-tema, yaitu:
- Apa Keunggulan Tiktok Bagi UMKM Go Digital?
- Apa yang Dapat Dilakukan UMKM dengan TikTok di 2022?
- Daftar Isi 3
Apa Keunggulan Tiktok Bagi UMKM Go Digital?
Terlepas dari meningkatnya persaingan dari platform media sosial lain, bagaimana pun juga TikTok terus berkembang. Menurut data App Annie, sebuah platform penyedia dan pengolah data terkait internet, pertumbuhan aplikasi TikTok tidak akan melambat dalam waktu dekat.
Baca juga: 5 Ide Pemasaran UMKM di TikTok: Kreatif, Enerjik, dan Unik
Menurut studi App Annie’s 2022 Mobile Forecast, pertumbuhan pemakai TikTok di dunia diperkirakan akan mencapai 1,5 miliar pengguna dalam 12 bulan ke depan. Pertumbuhan pesat itu disebabkan oleh pengaruh karakteristik dan sifat viral yang terus meluas ke seluruh dunia.
Apa yang Dapat Dilakukan UMKM dengan TikTok di 2022?
Pada tahun 2020 dan 2021, TikTok menyediakan berbagai alat digital marketing dan bisnis yang bermanfaat, seperti profil bisnis, iklan, dan pasar yang luas serta kreatif. Sehingga, ada kemungkinan bahwa iklan TikTok akan tumbuh secara eksponensial pada tahun 2022.
Perkiraan tersebut berarti sebuah tuntutan bagi perusahaan induk TikTok untuk menghasilkan lebih banyak kemungkinan monetisasi bagi pemilik konten. Sedangkan di sisi lain, TikTok juga dituntut untuk memberikan lebih banyak fitur bagi bisnis UMKM dan pelaku digital marketing untuk memaksimalkan aktivitas pemasaran dan penjualan secara online.
Dalam hal menjadi saluran pemasaran bagi UMKM go digital, TikTok tidak seperti Instagram yang mengandalkan visual bersifat konvensional. Perbedaan ini membuat banyak perusahaan melihat potensi TikTok sebagai alat pemasaran efektif karena ekspansi yang cepat dan peningkatan popularitas konten dengan mudah.
Beberapa bisnis, baik usaha kecil atau perusahaan besar, telah menggunakan konsep tantangan/challenge dan kontes di TikTok untuk mendorong pengguna membuat konten terkait produk. Sejumlah produk lain juga menggunakan strategi tagar untuk mempromosikan dan memasarkan namanya di TikTok, mirip dengan yang mereka lakukan di platform media sosial lainnya.
Ilustrasi bisnis UMKM go digital
Baca juga: 5 Cara Menggunakan Digital Marketing Bisnis Bagi Pemula
Kolaborasi dengan selebriti TikTok untuk menghasilkan materi promosi eksklusif adalah cara lain UMKM dan pelaku digital marketing saat memanfaatkan TikTok. Konsep endorsment ini memang sama dengan prinsip kemitraan influencer medsos lain. Hanya saja, output yang dihasilkan adalah video TikTok berdurasi 15 detik.
Karena TikTok berfokus pada berbagi konten video yang menghibur, aplikasi ini sangat cocok untuk banyak perusahaan kecil yang ingin menjangkau demografi berusia muda. Menggunakan konten video otentik dan unik, yang sesuai karakteristik TikTok, dapat membantu merek UMKM Anda menonjol di antara konten lain.
TikTok Adalah Jenis Digital Marketing di Media Sosial yang Efektif di Tahun 2022
Sebagian besar UMKM go digital masih berjuang keras untuk memperluas kehadiran mereka di media sosial. Alasannya karena membuat konten berkualitas tinggi setiap hari membutuhkan banyak waktu dan sumber daya.
Untungnya, TikTok jadi semacam solusi efektif bagi UMKM di masa-masa sekarang ini. Jika Anda mencari platform media sosial untuk aktivitas digital marketing berbiaya rendah, maka TikTok jadi jawabannya.
Bagi usaha kecil dan pelaku pemasaran, kegiatan promosi dan pemasaran digital di TikTok menjanjikan bentuk kampanye yang dipersonalisasi, memenuhi sasaran target audiens, tidak menguras anggaran, dan memberi hasil yang eksplosif. Sebagai pertimbangan strategi pemasaran digital di TikTok bagi UMKM, Anda bisa membaca artikel berjudul 5 Cara Membuat Promosi Bisnis di TikTok yang Efektif dan Menarik.