HarianBernas.com — Siapa dari anda yang saat ini bekerja di suatu perusahaan?
Coba saya tanya anda, apakah anda ingat visi dan misi perusahaan anda?
Jangan-jangan anda lupa bahwa perusahaan anda punya visi dan misi.
Tak diragukan lagi bahwa setiap perusahaan biasanya punya visi dan misi. Dan biasanya terbingkai indah di dinding dinding kantor di perusahaan. Namun seringkali saat ditanya ke karyawan perusahaan, kok pada banyak yg terbata-bata menyebutkannya, kadang malah blank gak tau apa sebenarnya visi dan misi dari perusahaan.
Apakah saya betul bahwa banyak dari anda yg tidak ingat dengan visi dan misi perusahaan?
Visi dan misi sebenarnya adalah arah kemana suatu perusahaan mau menuju. Namun kalau orang-orang di dalamnya saja tidak tau apa visi dan misinya bagaimana perusahaan bisa mencapai tujuannya tersebut?
Kalau kejadian-kejadian itu masih sering terjadi di perusahaan anda berarti mungkin ada yang salah dari penetapan visi misi di perusahaan anda.
Visi dan misi yang baik sebenarnya adalah visi dan misi yang dimana setiap bagian dari perusahaan baik dari atasan sampai posisi paling bawah tahu dan meresapi apa yang mau dituju dan bagaimana cara mencapainya.
Di sini sangat penting untuk membuat bahasa yang singkat, jelas dan mudah dipahami dimana setiap bagian perusahaan punya pengertian yang sama.
Kata kata visi misi yang panjang, bijaksana, dan menggunakan kata kata yg rumit terbukti tidak efektif. Kalau kata-katanya begitu panjangnya dan sulit dipahaminya bagaimana orang bisa mengingatnya? Kalau tidak bisa diingat, ya bagaimana mau dilakukan!
Setuju?
Visi misi yang jelas dari perusahaan sangatlah penting untuk sebagai panduan kemana sebenarnya anda mau melangkah.
Pernah melihat semut yang bergerombol untuk mengangkat serangga yang mati? Apa yang anda lihat?
Ya, semut punya visi dan misi yang jelas. Visi dan misinya jelas untuk membawa makanan ke rumah mereka. Setiap semut tahu arahnya kemana mereka mau melangkah. Setiap semut berjalan ke arah yg sama sesuai dengan visi yg mereka sepakati.
Dan bayangkan betapa rumitnya kalau masing masing semut berjalan ke arah yang berbeda? Ada yg berjalan ke utara, ada yang ke timur, ada yang ke barat, ada yang ke selatan, ada yang bengong dan tak bergerak kemana-mana.
Kalau sudah begitu apakah makananya bakal sampai ke rumah yang mereka tuju?
Itulah pentingnya agar setiap elemen perusahaan anda untuk paham dan meresapi visi dan misi perusahaan anda. Caranya bagaimana?
Yang pertama. Ya bikin visi misi yang singkat, jelas dan mudah dipahami, kalau bisa hanya 1 kalimat pendek yang gampang diingat.
Misalnya visi misi Xcellence International sebagai perusahaan training, coaching, dan consulting.
Visi : One of the Best in the World
Misi : Client Oriented Result
Yang kedua, lakukan orientasi yang sungguh-sungguh menanamkan visi dan visi, bukan hanya sekedar orientasi bagaimana karyawan melakukan pekerjaannya
Yang ketiga, sering mengingatkan kembali visi misi perusahaan pada setiap orang di tim anda.
Selain visi dan misi sebenarnya ada yg lebih penting lagi yaitu Core Purpose dan Core Value yang sempat saya bahas di artikel sebelum-sebelumnya.
Salam Dahsyat!
Jansen Frank | Service Excellence Trainer
Bila Anda ingin mendapatkan pelajaran yang saya pelajari setiap hari gratis dan langsung saya kirimkan via WhatsApp ke Anda,silakan hubungi/SMS/WA ke: 0818 0856 5478 atau e-mail: jansen.franks@gmail.com