HarianBernas.com – Berbicara tentang Disney sepertinya tidak ada habis-habisnya. Begitu banyak kisah kehebatannya yang bisa dipelajari. Salah satu budaya dari Disney adalah inovasi.
Disney selalu memdorong untuk terjadinya inovasi. Bahkan mereka mengatakan bahwa tujuan dari setiap organisasi seharusnya adalah mendorong terjadinya inovasi pada setiap tingkatan dan dalam semua jenis bidang.
Pesan Disney berbunyi seperti berikut: lakukan sesuatu yang jauh melampui kemampuan Anda sendiri dan dorong orang-orang yang bekerja pada Anda untuk melakukan hal yang sama. Biarkan mereka tahu bahwa tidak apa-apa mengambil resiko dan membiarkan ide-ide mereka berkembang. Dan yang terpenting mendorong semua orang untuk bersenang-senang.
Lingkungan yang inovatif yang dimaksud Disney adalah lingkungan yang menerima segala jenis bentuk “kegilaan” apapun. Misalnya pada tahun 1937, Walt Disney mengirim Jake Day ke hutan Maine hanya untuk mengambil ratusan foto untuk membuat gambar dalam rangka persiapan pembuatan film Bambi yang akan diluncurkan tahun 1942. Mereka bekerja sungguh-sungguh menginginkan kesempurnaan dengan ide-ide gilannya.
Contoh lainnya inovasi di bidang pelayanan adalah lewat salah satu cerita mengenai sebuah keluarga yang pergi ke Disney World dan menginap di Hotel Disney. Keluarga tersebut punya tiga anak perempuan yang masing-masing membawa boneka beruangnya.
Di hari pertama kunjungan mereka ke Disneyland, saat kembali ke hotel mereka mendapati tiga boneka beruang disusun sedang mengitari meja dengan kue dan susu di hadapan mereka.
Di hari berikutnya tiga boneka beruang disusun sedang duduk di tempat tidur sambil membaca buku Mickey. Di hari berikutnya lagi mereka menemukan tiga boneka beruang sedang bermain kartu di meja.
Wauuwww seru sekali. Tentu saja anak-anak keluarga tersebut sangat gembira. Bagaimana staf hotel mampu tergerak sendiri untuk membuat inovasi pelayanan yang menyenangkan pengunjung.
Sudah pasti kejadian ini terjadi karena dukungan dari budaya Disney. Disney dan seluruh stafnya berkomitmen terhadap pelayanan pelanggan. Meskipun harus mengeluarkan biaya lebih untuk kue ataupun susu, mereka merasa bahwa kepuasan pelanggan jauh lebih penting.
Lingkungan Disney mendorong untuk setiap orang melakukan inovasi perbaikan yang terus menerus. Beginilah cara Disney untuk selalu menjadi yang terbaik. Terus berinovasi.
Salam dahsyat!!
Jansen Frank | Service Excellence Trainer
Bila Anda ingin mendapatkan pelajaran yang saya pelajari setiap hari gratis dan langsung saya kirimkan via WhatsApp ke Anda, silakan hubungi/SMS/WA ke: 0818 0856 5478 atau e-mail: jansen.franks@gmail.com