Setiap pebisnis tentu harus mempunyai pengetahuan dan pemahaman bagaimana membuat iklan yang menarik. Apalagi pada saat ini sudah banyak aplikasi yang menunjang dalam pembuatan iklan. Namun, kebanyakan yang terjadi, masih banyak yang membuat iklan dengan kurang efektif. Itulah mengapa iklan yang kerap ditemukan kurang menarik perhatian bagi banyak orang.
Seperti yang kita tahu, tujuan iklan adalah mengajak orang-orang agar tertarik untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan. Itulah sebabnya iklan harus dibuat dengan menarik dan mampu membuat orang berminat dengan produk kita.
Iklan harus ditayangkan dengan sarana atau media yang tepat agar dapat menjangkau orang banyak. Anda dapat memilih media offline ataupun online. Iklan produk Anda bisa saja tercantum di koran, brosuk, spanduk, tabloid, dan sebagainya. Bisa juga mengunggah iklan di media online seperti media sosial ataupun website.
Cara Menarik dalam Pembuatan Iklan
Sebagai pengusaha sebuah bisnis, Anda dituntut untuk mampu berpikir dan bergerak dengan daya kreatif. Sebab, kebanyakan orang memilih untuk menghindari sebuah iklan yang terkesan kurang menarik. Sangat disayangkan, bukan?
Banyak cara untuk menarik perhatian, dan untuk melakukannya, tentu Anda membutuhkan langkah-langkah khusus. Berikut cara menarik dalam membuat iklan agar banyak orang yang dapat mengingat iklan Anda:
1. Pilihlah Tempat Beriklan yang Tepat
Media atau sarana kita dalam mengiklankan produk adalah suatu hal yang sangat penting. Sebelum melakukan pembuatan iklan yang menarik, Anda harus terlebih dulu memilih media yang akan digunakan.
Salah satu kriterianya adalah banyak orang yang memungkinkan untuk melihat dan melalui tempat tersebut dengan intensitas yang sering. Dengan begitu, iklan Anda berpeluang besar untuk sering dibaca dan dikenang selalu.
2. Buatlah Judul dan Slogan yang Unik dan Menarik
Ingat, buatlah iklan dengan menggunakan bahasa yang lugas dan efektif agar mampu menarik minat orang banyak. Sesuaikan bahasa yang Anda pilih dengan konteks iklan yang ditawarkan. Dalam hal ini, judul yang Anda tentukan akan berpengaruh besar.
Anda dapat memilih ragam bahasa yang unik dan sedang populer, misalnya. Dengan demikian, para pembaca akan merasa dekat secara psikologis dengan iklan Anda.
3. Perhatikan Detail Desain
Dalam pembuatan iklan yang menarik, Anda juga harus mempertimbangkan detail desain. Banyak hal yang harus diperhatikan dalam hal ini, misalnya gaya penulisan, font, kombinasi warna, dan sebagainya.
Sedangkan, jika Anda hendak membuat banyak iklan, Anda harus konsisten dalam penggunaan jenis font, warna, sampai logo produk yang ditawarkan agar mudah melekat dalam benak setiap orang.
Baca juga: 5 Jenis Iklan di YouTube yang Wajib Anda Tahu
4. Memberi Penawaran yang Menarik
Memberikan penawaran menarik merupakan salah satu upaya yang cukup ampuh dalam menarik calon konsumen. Anda dapat memberikan penawaran terkait hal-hal kecil tetapi cukup mengusik pikiran, seperti potongan harga atau diskon, atau ongkos kirim yang digratiskan.
5. Menjelaskan Manfaat atau Kelebihan Produk
Anda ingin produk Anda menjadi magnet yang menarik minat pembeli? Maka jelaskan manfaat produk Anda kepada konsumen. Dari sisi psikologis, konsumen lebih tertarik dengan hal yang mereka terima dari produk Anda ketimbang dengan apa yang dapat dilakukan dengan produk itu.
Banyak hal yang dapat Anda jelaskan, misalnya daftar produk yang lengkap dengan kelebihannya masing-masing. Namun, yang perlu diperhatikan, Anda harus jelaskan manfaatnya terlebih dahulu, baru kelebihan-kelebihan lainnya.
6. Ciptakan Urgensi
Tidak sedikit pula pembaca yang sudah menaruh minat kepada produk Anda, tetapi masih menunda keputusan untuk membeli. Oleh sebab itu, buatlah iklan yang tepat sasaran, dan buatlah konsumen untuk melakukan pembelian sekarang juga dengan menekankan urgensi terhadap produk Anda.
7. Gunakan Testimoni
Salah satu hal penting yang harus Anda lakukan dalam pembuatan iklan yaitu membentuk kepercayaan dan ketertarikan pembeli atau konsumen kepada produk Anda. Saat ini semua orang membeli produk melalui toko online, sehingga tidak jarang pula yang merasa khawatir.
Oleh karena itu, tunjukkanlah testimoni dari pelanggan Anda yang merasa puas karena sudah melakukan transaksi di tempat Anda. Dengan demikian, calon pembeli lainnya akan merasa tenang dan percaya dengan toko Anda.
Baca juga: Instagram Ads vs Facebook Ads, Mana yang Lebih Efektif untuk Iklan?
Demikianlah cara-cara menarik dalam membuat iklan yang dapat Anda terapkan. Untuk merealisasikannya, Anda dapat menginovasikannya dengan pengetahuan atau skill yang Anda miliki, yang terpenting adalah jangan takut untuk kreatif. Selamat mencoba!