Berita Nasional Terpercaya

Lahan Kosong di Patangpuluhan Disulap Jadi Kampung Sayur

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Warga kawasan RW 07 Kelurahan Patangpuluhan, Kemantren Wirobrajan, Kota Yogyakarta berinovasi memanfaatkan lahan kosong perkotaan untuk ditanami berbagai macam tanaman dan dimanfaatkan secara mandiri. Aksi warga yang tergabung dalam Kelompok Tani Winongo Asri ini juga menjual hasil panen tanaman itu kepada warga sekitar. 

Ketua RW 07 Patangpuluhan, Heli menjelaskan, kelompok tani ini mulai berdiri pada Januari 2020 lalu. Pada mulanya, di wilayah itu memang terdapat tanah kosong dan terbengkalai yang rencananya dalam waktu dekat akan dibangun untuk kantor kelurahan.

“Sebelum tanah dibangun kantor kelurahan, warga lalu memanfaatkannya untuk menanam sayur dan berbagai macam tanaman. Intinya, tanah ini jangan sampai nganggur dan tak terpakai,” jelasnya Kamis (23/9/2021).

Ia meneruskan, walau baru berdiri selama satu tahun, namun hasilnya telah banyak dirasakan oleh warga masyarakat sekitar. Tanaman yang dikelola warga tersebut juga dinamai sebagai lumbung hidup karena tersedia berbagai bahan pokok seperti bayam, umbi-umbian, dan lain-lainnya.

“Lahan ini dimanfaatkan untuk budi daya berbagai jenis tanaman, termasuk budi daya tanaman buah dan sayuran,” paparnya. 

Baca juga: Ada Kampung Sayur di Jogja Loh, Salah Satunya Kampung Karangsari

Dirinya melanjutkan, usai kantor kelurahan dibangun, akhirnya kelompok tani memindahkan kampung sayur ke lahan di bantaran sungai yang masih berlokasi di kawasan RW 07. Tanaman yang sering ditanam adalah sayuran, karena menurut warga, sayuran lebih mudah dalam perawatannya dan umurnya lebih pendek, sehingga bisa cepat panen.

Kampung sayur itu juga menurut dia telah dijadikan anak-anak sebagai lokasi pembelajaran. Murid PAUD diajarkan bagaimana cara menanam sayur yang baik dan benar.

“Bukan anak-anak saja yang ikut, melainkan juga orang tua dari anak-anak itu diajak ke kampung sayur,” tandasnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.