Berita Nasional Terpercaya

Inilah 10 Jenis Ilmu Akuntansi yang Ada di Perusahaan

0

Bernas.id – Memasuki dunia ilmu sosial, akuntansi menjadi salah satu pilihan bidang ilmu favorit yang masyarakat pelajari dalam pendidikan. Cabang jenis ilmu akuntansi pun beragam sesuai dengan jenis industri dan perusahaan yang ada.

Ilmu akuntansi ini fokus untuk membahas ilmu-ilmu perhitungan tentang keuangan ataupun pencatatan uang. Tak hanya itu, akuntansi sebenarnya juga memiliki beragam jenis bidang yang memiliki fungsi masing-masing.

Baca juga: Dasar- dasar Akuntansi dan Pentingnya Akuntansi dalam Perusahaan

Jenis-jenis Akuntansi di Perusahaan

Jenis ilmu akuntansi di perusahaan

Apakah kamu tahu apa saja jenis-jenis akuntansi yang ada di Indonesia? Berikut ini merupakan pembahasan jenis-jenis akuntansi yang sering dipelajari:

1. Ilmu Akuntansi Keuangan

Jenis ilmu akuntansi satu ini merupakan akuntansi yang sering digunakan dan paling dikenal oleh masyarakat. Tak hanya berfungsi untuk mencatat aktivitas keuangan, akuntansi ini juga menyajikan laporan keuangan suatu perusahaan dalam satu periode.

Laporan keuangan dapat digunakan oleh pihak-pihak yang berkepentingan untuk membuat kebijakan perusahaan di masa mendatang. Selain itu, bidang akuntansi ini juga berhubungan langsung dengan pencatatan transaksi yang ada di perusahaan, baik itu utang, modal, ataupun aset.

Pembuatan laporan keuangan juga mematuhi Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang berlaku. Sehingga para pihak yang berkepentingan baik pembuat ataupun pengguna laporan keuangan harus mematuhi standar tersebut.

Baca juga: Mengenal Pengertian dan Ruang Lingkup Akuntansi Sektor Publik di Indonesia

2. Ilmu Akuntansi Perbankan

Berbeda dengan sistem akuntansi pada perusahaan, akuntansi perbankan memiliki jenis akuntansi khusus. Walaupun sedikit berbeda, akuntansi ini juga tetap menyajikan laporan keuangan bagi para pihak yang berkepentingan, baik internal perbankan atau eksternal yang berkepentingan.

Selain itu, jenis akuntansi ini juga mencatat beragam aktivitas keuangan yang ada di perbankan. Pencatatan akuntansi perbankan ini biasanya disebut rekening administrasi.

3. Ilmu Akuntansi Manajemen

Akuntansi jenis ini secara khusus membantu pihak internal perusahaan untuk menentukan kebijakan di masa mendatang. Biasanya, akuntansi manajemen memberikan data yang nyata, khususnya tentang keuangan kepada pihak manajemen internal perusahaan. Hal ini biasanya digunakan oleh pihak manajemen perusahaan untuk menentukan kebijakan perusahaan ke depannya dengan baik, khususnya tentang keuangan.

Selain menyajikan laporan keuangan dalam bentuk kuantitatif, akuntansi manajemen juga tersedia dalam bentuk laporan keuangan kualitatif berupa laporan non-keuangan. Kemudian, laporan ini juga hanya tersedia untuk pihak manajemen perusahaan dan penghitungannya berdasarkan pada kebutuhan pihak dan sistem manajemen saja.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Akuntansi Perbankan Konvensional dan Syariah

4. Akuntansi Pajak

Akuntansi ini khusus berhubungan dengan perpajakan untuk menghitung pajak yang ada di suatu perusahaan. Selain itu, akuntansi ini juga berguna untuk menetapkan pajak tanggungan yang harus dibayarkan oleh perusahaan.

Laporan akuntansi perpajakan ini biasa memiliki fungsi untuk penghitungan pajak berupa Pendapatan Kena Pajak (PKP) perusahaan serta untuk membuat dasar keputusan tentang pajak.

5. Akuntansi Audit

Seperti namanya, jenis akuntansi ini biasa berfungsi untuk mengaudit atau memeriksa laporan keuangan yang ada di perusahaan. Tak hanya sekedar memeriksa, akuntansi ini juga memberikan penilaian berupa kelayakan terhadap laporan keuangan yang tersusun.

Pihak yang bertugas untuk memeriksa laporan keuangan haruslah dari pihak yang independen agar tidak merugikan salah satu pihak yang berkepentingan. Beragam laporan keuangan beserta bukti-bukti transaksinya harus melalui pemeriksaan secara detail dan teliti dengan tetap memanfaatkan akuntansi audit tersebut.

Baca juga: 11 Jenis Profesi Akuntan di Indonesia dan Standar Kompetensinya

6. Akuntansi Biaya

Akuntansi biaya ini bermanfaat bagi suatu perusahaan untuk mengelola terkait segala hal yang berkaitan dengan biaya. Dengan adanya akuntansi ini, perusahaan mampu mengelola dan mengendalikan biaya operasional perusahaan.

Selain itu, akuntansi biaya ini juga membahas tentang penentuan harga yang berdasarkan pada biaya-biaya operasional perusahaan. Kemudian, harga pokoknya nanti akan terhitung bersama dengan keuntungan yang ingin perusahaan dapatkan. Dengan begitu, perusahaan dapat menetapkan harga jual dengan mudah.

7. Akuntansi Pemerintahan

Lain halnya dengan akuntansi keuangan dan perbankan, jenis akuntansi ini menyajikan laporan keuangan yang ada dalam ranah pemerintahan secara independen tanpa ada paksaan. Informasi keuangan dan data akuntansi yang tersedia pun berasal dari aspek melalui pengelolaan pemerintah.

Baca juga: Pendaftaran Kampus UNMAHA, Pencetak Akuntan Profesional

8. Akuntansi Pendidikan

Akuntansi jenis ini membahas tentang pendidikan dalam bidang akuntansi, seperti pembelajaran akuntansi, penelitiannya, penyusunan kurikulum pendidikan akuntansi, dan segala hal yang berhubungan dengan akuntansi.

9. Akuntansi Internasional

Melihat dari namanya, jenis akuntansi ini tentu membahas segala hal yang berkaitan dengan keuangan atau perdagangan internasional. Biasanya jenis akuntansi ini terimplementasikan di banyak perusahaan multinasional.

10. Akuntansi Anggaran

Akuntansi ini biasanya fokus untuk membahas tentang rancangan anggaran pengeluaran yang perusahaan tetapkan dalam jangka waktu tertentu. Selain itu, jenis ilmu akutansi ini berfungsi untuk mengontrol perencanaan keuangan perusahaan sekaligus melakukan analisis.

Baca juga: Inilah Program Beasiswa menjadi Pengusaha Universitas Mahakarya Asia

Nah, itu dia jenis-jenis ilmu akuntansi yang bisa Anda pelajari di masa depan. Kira-kira Anda tertarik untuk mempelajari akuntansi jenis apa? Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu untuk menambah pengetahuan tentang beragam jenis ilmu akuntansi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.