JAKARTA, BERNAS.ID – Warga perumahan elit Citra Garden Puri Semanan, Jakarta Barat, mengapresiasi perbaikan kualitas air yang dikelola oleh Perumda Air Minum (PAM) Jaya.
Sebelumnya, pasokan air di kawasan tersebut dikelola oleh pengembang dan sering kali mengalirkan air dengan kondisi bau dan berwarna kuning. Namun, sejak Desember 2024, pengelolaan air diambil alih oleh PAM Jaya yang berkomitmen menyediakan air dengan kualitas yang lebih baik.
Baca Juga : Pemprov DKI Beri Hotline Center untuk Meningkatkan Layanan Air Bersih di Jakarta
“Kalau sekarang, airnya jauh lebih bersih ya, terus enak. Cuma mudah-mudahan lebih baiklah yang sekarang yang pakai PAM ya. Terima kasih banyak sudah dimasukkan PAM Jaya ke komplek ini. Daripada yang kayak dulu kan airnya itu selalu bau yang kuning gitu ya. Sekarang udah bagus lah airnya. Terima kasih,” kata Ami, warga Blo CE nomor 16 cluster Cusco penuh syukur.
Hal serupa disampaikan oleh Kevin, warga di Cluster BTIO BC 30. Menurutnya, kualitas air yang kini disalurkan oleh PAM Jaya lebih jernih dan bebas bau.
“Saya harap kualitasnya tetap dijaga, karena air ini untuk mandi, minum, dan keperluan sehari-hari. Semoga konsistensinya tetap terjaga,” harap Kevin.
Baca Juga : Komisi A Pastikan Tukar Guling Tanah Beri Manfaat untuk Warga
PAM Jaya mulai mengalirkan air siap minum ke Citra Garden Puri Semanan sejak awal Desember 2024. Dengan pengalihan pengelolaan, sebanyak 720 pelanggan kini menjadi bagian dari jaringan PAM Jaya, yang sebelumnya mengandalkan pasokan air dari pengembang perumahan.
Direktur Utama PAM Jaya, Arief Nasrudin, menjelaskan bahwa perusahaan terus berupaya meningkatkan kualitas air, yang kini telah memenuhi standar air siap minum. “Air yang kami hasilkan dari Instalasi Pengolahan Air (IPA) sudah berkualitas siap minum. Namun, untuk memastikan kualitasnya tetap terjaga, kami juga akan melakukan peremajaan pipa distribusi,” kata Arief.
Arief juga menekankan pentingnya pemeliharaan instalasi perpipaan di setiap rumah pelanggan agar air yang disalurkan selalu memenuhi kriteria layak konsumsi. Proses pengalihan pengelolaan ini berjalan lancar, dengan fokus pada perubahan administrasi agar pelanggan tetap mendapatkan layanan tanpa gangguan.
Dengan pengelolaan oleh PAM Jaya, warga Citra Garden Puri Semanan kini dapat merasakan berbagai manfaat, antara lain kualitas air yang terjamin sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan. Harapannya, kualitas air ini bisa dipertahankan dan terus meningkat demi kenyamanan seluruh pelanggan. (DID)