Bernas.id – Dalam setahun terakhir, TikTok telah berkembang pesat dengan berbagai video yang hadir melayani setiap jenis pengguna. Aplikasi ini tercatat sudah mendapatkan lebih dari 1,5 miliar unduhan di seluruh dunia.
Bagi pelaku bisnis UMKM, TikTok adalah platform digital marketing yang sempurna karena banyaknya audiens tersedia di sana dengan berbagai jenis karakteristik. Selain itu, TikTok memungkinkan sebuah produk ditampilkan dengan lebih kreatif, unik, dan otentik.
Jika Anda mengikuti langkah-langkah yang tepat saat menjalankan digital marketing di TikTok, maka Anda memperkenalkan produk bisnis UMKM di sebuah platform dengan jutaan pengguna yang dapat membantu memasarkan bisnis dengan anggaran terjangkau.
Baca juga: 5 Strategi Pemasaran UMKM dengan Anggaran Ketat
Artikel ini akan membahas sejumlah tips digital marketing bagi pelaku UMKM yang ingin memasarkan produknya di TikTok agar mendapatkan audiensnya. Berikut ini detail pembahasannya:
- Selalu Lakukan Riset
- Siapkan dan Praktik Posting Video
- Manfaatkan Iklan TikTok
- Sering Posting
- Jadilah Otentik
1. Selalu Lakukan Riset
Karena TikTok memiliki pemirsa berusia antara 16 dan 24 tahun, pelaku bisnis harus melakukan penelitian yang diperlukan untuk tetap mengikuti tren terbaru yang akan menarik minat audiens Anda. TikTok telah membuat aktivitas riset jadi lebih mudah dari sebelumnya dengan sejumlah fitur-fiturnya, seperti mengetahui apa yang sedang tren dengan mengunjungi halaman #Trending.
Saat itulah Anda akan merasa bahwa TikTok bukan tempat untuk melakukan sesuatu dengan serius. Padahal, pemasaran membutuhkan faktor-faktor tertentu yang dibutuhkan keseriusan. Dilema ini akan membuat banyak pelaku UMKM ragu bermain di TikTok.
2. Siapkan dan Praktik Posting Video
TikTok mungkin tampak cukup mudah untuk ditangani, tetapi banyak hal di sana membutuhkan latihan. Saat membuat video TikTok, pembuat dapat menambahkan filter, teks, musik, transisi, efek, dan bahkan dapat menggunakan video yang direkam sebelumnya di rol kamera mereka untuk digabungkan dengan video lain.
Baca juga: 4 Tools untuk Digital Marketing TikTok bagi UMKM
Namun, mempelajari filter ini bisa membuat frustasi bagi banyak pengguna untuk pertama kali. Oleh karena itu, Anda perlu selalu berlatih dengan membuat beberapa video untuk menguasai berbagai filter, teks, transisi, dan berbagai layanan lain di TikTok.
Ilustrasi pengguna TikTok
3. Manfaatkan Iklan TikTok
TikTok menawarkan 4 jenis iklan yang berbeda termasuk:
A. Infeed Native Content: Mirip dengan iklan Instagram, iklan jenis ini mendukung banyak fitur seperti klik situs web atau unduhan aplikasi di konten promosi.
B. Brand Takeovers: konsepnya adalah menampilkan produk Anda saat pengguna membuka aplikasi TikTok. Sehingga pengguna diarahkan langsung ke konten promosi produk Anda.
C. Hashtag Challenges: Pelaku UMKM dapat menggunakan hashtag yang dipromosikan untuk menghasilkan lebih banyak keterlibatan.
D. Branded Lenses: Iklan ini mirip dengan filter Snapchat yang dibuat oleh bisnis tertentu untuk meningkatkan brand awareness.
Sama dengan jenis platform media sosial lainnya, iklan TikTok dapat membantu Anda menjangkau lebih banyak pengguna di platform tersebut. Plus, TikTok juga memberikan layanan kepada pelaku UMKM dan pelaku digital marketing untuk memanfaatkan fitur penargetan agar bisa menjangkau audiens yang spesifik.
4. Sering Posting
Hal terbaik tentang mengunggah konten di aplikasi ini adalah Anda bisa menjadi kreatif atau informatif dengan video. Dengan durasi video sekitar 15 hingga 60 detik, semua pengguna TikTok dituntut untuk bereksperimen dan menguji banyak ide baru.
Baca juga: 7 Fakta TikTok bagi UMKM dan Praktik Digital Marketing 2022
Akan tetapi, hal paling penting di TikTok adalah intensitas mengunggah konten. Semakin sering dan makin konsisten sebuah akun mengunggah konten, maka potensi konten tersebut viral jadi makin besar. Viral bagi pelaku bisnis berarti jangkauan audiens yang makin luas.
5. Jadilah Otentik
Seperti yang disebutkan sebelumnya, platform ini bukan tempat untuk promosi penjualan secara serius. Jadilah otentik dan biarkan kepribadian bisnis Anda berkembang di sini.
Terhubung dengan audiens Anda adalah cara terbaik untuk membangun keterlibatan, terlihat di halaman utama TikTok, dan masuk di FYP pengguna. Semakin Anda menampilkan citra produk yang terlihat relatable dan santai, semakin banyak audiens akan terhubung dengan bisnis.
Platform TikTok memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif di seluruh dunia, yang sebagian besar adalah generasi muda yang menikmati konten video berdurasi pendek. Untuk para pelaku bisnis UMKM dan digital marketing, TikTok menawarkan banyak peluang memasarkan produk ke audiens baru sambil tetap mengikuti tren, apa pun industrinya. Untuk itu, cobalah membaca artikel berjudul 5 Ide Pemasaran UMKM di TikTok: Kreatif, Enerjik, dan Unik sebagai bahan pembanding aktivitas pemasaran yang Anda lakukan.