Bernas.id – Dalam beberapa tahun terakhir, TikTok telah muncul sebagai platform media sosial populer dan terbukti bermanfaat bagi lanskap pemasaran usaha kecil atau UMKM yang aktif di dunia digital. Pemasaran TikTok adalah praktik menggunakan TikTok untuk mempromosikan merek, produk, atau layanan.
Aktivitas pemasaran di TikTok bisa dilakukan oleh berbagai jenis dan skala usaha, dari level UMKM hingga perusahaan multinasional. Praktik digital marketing di TikTok dapat mencakup berbagai taktik, seperti pemasaran mikro-influencer, iklan TikTok, dan pembuatan konten viral organik.
Baca juga: 5 Alasan UMKM Harus Memasarkan Produknya di TikTok
Secara garis besar, aktivitas digital marketing di platform TikTok dapat membantu UMKM untuk:
1. Meningkatkan kesadaran merek
2. Membangun komunitas yang terlibat
3. Menjual produk dan layanan
4. Mendapatkan umpan balik dari pelanggan dan audiens
5. Menyediakan layanan pelanggan secara langsung
6. Mengiklankan produk dan layanan untuk menargetkan audiens
Apa yang dibahas kali ini berpusat pada aturan penting memahami karateristik TikTok bagi pelaku bisnis saat melakukan pemasaran digital. Akan ada beberapa hal yang dibahas, yaitu:
Daftar Isi :
- Kenapa TikTok Penting Bagi Digital Marketing UMKM?
- Jangan Terburu-buru
- TikTok bukan Instagram
- Ikuti tren
Kenapa TikTok Penting Bagi Digital Marketing UMKM?
Teknologi internet dan media sosial berhasil menunjukkan bahwa tren baru yang akan tetap ada. TikTok merupakan salah satu fenomena yang hadir dari perkembangan tersebut. Meskipun pada awalnya banyak yang skeptis, pengguna TikTok makin hari makin tumbuh. Kabar baiknya, pemakaian TikTok untuk bisnis kecil jadi salah satu poin penting dalam perkembangan platform tersebut.
Seperti pemilik bisnis lain di era digital, banyak pelaku UMKM belum merasa cukup dengan Instagram, Facebook, Pinterest, Linked In, Youtube, dan lainnya. Pandemi Covid-19 makin memaksa pelaku UMKM melakukan transformasi digital secara drastis.
Baca juga: 5 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok
Dengan kondisi tersebut, TikTok jadi salah satu oase penting bagi pelaku UMKM go digital saat menjalankan praktik digital marketing. Dengan biaya yang cukup rendah, pemakaian mikro-influencer, jumlah audiens yang tidak terbatas, dan kemudahan jadi viral, TikTok adalah platform penting dalam digital marketing pada saat ini dan masa depan.
TikTok membawa banyak peluang dan visibilitas untuk bisnis, terutama bagi UMKM lokal. Jika dilakukan dengan benar, TikTok bahkan dapat menjadi platform seseorang mengumpulkan audiens sebelum produk itu hadir di pasaran.
Untuk bisa menjalankan aktivitas digital marketing di TikTok dengan tepat, ada 3 peraturan penting yang harus dipahami para pemilik usaha, yaitu:
Jangan Terburu-buru
TikTok adalah platform sekaligus metode baru untuk berkomunikasi. Karena itu, penting bagi siapa saja untuk meluangkan waktu memahami bagaimana karakteristik TikTok. Pada banyak kasus, karakteristik sering dianggap sama dengan Instagram. Sehingga membuat para pelaku UMKM mengunggah konten yang berprinsip sama dengan Instagram.
Pada ada perbedaan antara TikTok dengan Instagram. Untuk mendapatkan visibilitas, Anda harus menyesuaikan konten di TikTok dengan karakteristik utamanya. Karena itu, hindari menggunakan konten video pemasaran di media sosial lain untuk digunakan di TikTok. Luangkan beberapa hari hanya untuk mengamati, menggulir halaman, dan memahami bagaimana karakteristik konten TikTok.
Ilustrasi platform TikTok
TikTok bukan Instagram
Orang-orang di TikTok ingin hiburan, rasa sukses instan, bersenang-senang, atau belajar sesuatu. Pamer saja tidak cukup, Anda perlu memberikan nilai. Karena itulah, berhati-hatilah menyamakan TikTok dengan Instagram.
Baca juga: 4 Digital Marketing Tools Paling Efektif Ini Wajib Kamu Gunakan
Aturan tersebut juga berlaku untuk berbagai aktivitas digital marketing yang dilakukan pelaku UMKM atau perusahaan besar. Mindset mengunggah konten di Instagram cukup berbeda dengan mindset mengunggah konten di TikTok.
Ikuti tren
Awasi apa yang sedang tren dan sesuaikan dengan produk bisnis Anda. Jangan takut untuk menari atau menjadi konyol di TikTok. Platform ini adalah ruang Anda untuk menunjukkan sisi kemanusiaan, humor, dan sisi konyol yang Anda miliki. Lakukan tantangan, gunakan lagu-lagu viral, dan sesuaikan dengan produk UMKM Anda.
Menonjolkan produk bisnis memang sah-sah saja, akan tetapi berhati-hatilah dengan porsinya. Terlalu banyak penempatan produk justru membuat konten video Anda tidak menarik di mata pengguna TikTok.
Secara keseluruhan, pemasaran TikTok untuk bisnis UMKM telah terbukti sangat efektif. Apalagi jika produk bisnis Anda memiliki target audiens generasi Z dan Y. Jadi, jika Anda sudah memiliki ketertarikan dengan gerakan tari, mampu menunjukkan sisi humor Anda, maka TikTok sangat cocok untuk Anda. Pembahasan krusial bagaimana melakukan pemasaran di platform populer ini bisa Anda baca di artikel berjudul 5 Cara Membuat Promosi Bisnis di TikTok yang Efektif dan Menarik.