Bernas.id – TikTok telah menjadi sumber konten yang membuat ketagihan bagi jutaan orang di seluruh dunia. Mulai dari video komedi hingga iklan, pengguna TikTok dapat menggunakan platform ini untuk membuat klip video berdurasi 15 detik dan membagikannya ke penjuru dunia.
Perkembangan platform ini telah menjadikan TikTok sebagai bagian menarik dari banyak kampanye pemasaran bisnis. Karena itulah, mari bersama-sama membahas sejumlah cara kreatif yang dapat dilakukan para pelaku UMKM di platfom populer ini. Tujuannya pemakaian TikTok untuk pelaku UMKM adalah untuk mengiklankan produk atau layanan mereka.
Baca juga: Ini Dia 3 Alasan Kenapa Digital Marketing Penting Bagi Bisnis Anda
Ide kreatif apa saja yang akan dibahas di sini? Ini dia daftarnya:
- Jadikan Video Lucu, Berkesan, dan Menarik
- Dorong Pengguna untuk Menggunakan Produk di Tempat Unik
- Bereksperimen Dengan Cara yang Menyenangkan dan Humoris
- Bagikan Pengalaman Pribadi untuk Membangun Keaslian Merek
- Tunjukkan Kebaikan Dengan Amal dan Misi Sosial
1. Jadikan Video Lucu, Berkesan, dan Menarik
TikTok paling sempurna digunakan dengan sudut pandang anak muda yang serba enerjik. Kabar baiknya, konten lucu akan selalu menang di TikTok. Premis ini berarti iklan video yang terlalu profesional/serius akan diabaikan.
Kecenderungan pengguna TikTok adalah menonton dan menghasilkan konten lucu, mudah diingat, dan menarik. Bila iklan video memiliki ketiga faktor tersebut, maka iklan itu akan panen viewer dan follower. Karakter TikTok ini menghasilkan sebuah pendapat di kalangan pelaku UMKM, yaitu jangan membuat iklan tapi buatlah video TikTok.
Baca juga: 5 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok
Strategi yang tidak kalah penting saat eksis di TikTok adalah mempertimbangkan dan mencocokkan iklan dengan momen atau apa pun yang sedang tren saat itu. Tentu saja, Anda bisa menyelipkan produk atau bisnis Anda di dalam video yang akan diunggah.
2. Dorong Pengguna untuk Menggunakan Produk di Tempat Unik
Dalam sebuah kampanye di TikTok yang dilakukan sebuah perusahaan, follower diminta untuk mengunggah video mereka memakai produk di tempat unik dan eksotis. Ide kampanye tersebut menghasilkan video yang menunjukkan bahwa sebuah produk tersebar di seluruh bagian dunia.