Bernas.id – Untuk kelima kalinya bandara Changi menempati urutan pertama sebagai bandara internasional terbaik. Penghargaan ini diberikan oleh Skytrax, lembaga survey profesional yang melihat kualitas layanan bandara melalui 39 aspek. Beberapa aspek di antaranya ketersediaan layanan yang nyaman di bandara, antrian di bagasi, kebersihan toilet, dan lain-lain.
Dengan menangnya Changi Airport sebagai bandara internasional terbaik, maka semangat semua staf di bandara Changi ikut meninggi. Mereka turut bangga dengan terpilihnya Changi Airport.
Apa rahasia di balik keberhasilan Changi Airport? Mereka ternyata benar-benar mendesain pengalaman setiap penumpang bandara sebaik dan senyaman mungkin. Ini berlaku bagi semua penumpang, baik yang akan naik, turun, atau sekedar transit. Dalam sebuah layanan yang baik kita mengenal adanya Moment of Truth (MOT). Moment of Truth adalah titik krusial yang dilewati semua pengunjung. Jika titik-titik ini diolah dengan baik, titik ini akan memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pelanggan.
Ilustrasi berikut ini akan memberikan sedikit gambaran. Ketika Anda turun dari pesawat, apa yang Anda rasakan? Disadari atau tidak, biasanya kita ingin ke kamar mandi. Apakah itu sekadar membenarkan riasan dan pakain atau ingin buang air. Bandara Changi mendesain kamar mandinya sebaik mungkin dengan bilik yang selalu bersih. Setelah ke kamar mandi Anda akan merasa haus. Tak jauh dari kamar mandi terdapat water fountain. Setelah water fountain kita pasti ingin menghubungi orang. Di titik ini, Changi menyediakan layanan pembelian kartu perdana Singapura atau fasilitas telepon yang lain. Setelah itu kita dihadapkan dengan berbagai restoran dan area shopping.
Setelah segala keperluan kita terpenuhi, barulah kita menuju imigrasi. Itupun tidak lama. Setelah imigrasi kita menuju tempat pengambilan bagasi. Pengalaman ini didesain agar orang keluar dari bandara dalam singkat namun menyenangkan.
Pelajari Moment of Truth dan puaskan pelanggan Anda. Saatnya mendesain Moment of Truth Bandara Soekarno Hatta!