HarianBernas.com-Salah satu hotel dengan pelayanan terbaik adalah Hotel Dunn Hospitality. Mereka mempunyai reputasi yang hebat dalam melayani keluhan pelanggan. Hebatnya, di hotel Dunn, setiap orang bertanggung jawab terhadap setiap keluhan yang diterimanya.
Jika Anda mengeluh ke karyawan penerima tamu soal apapun,misal soal kopi yang tidak tersedia, ac yang tidak dingin, kurang tisu, dll maka si karyawan penerima keluhan akan membantu menyelesaikan masalah tamu tersebut. Di hotel lain, mungkin setiap karyawan bekerja sesuai tanggung jawabnya. Kalau urusan ruangan, ya nanti diselesaikan oleh orang ruangan. Namun, di Hotel Dunn beda. Setiap orang punya kuasa untuk menyelesaikan keluhan tamu secara langsung sehingga tamu tidak perlu menunggu waktu yang lama untuk menyelesaikan masalahnya.
Inilah contoh pelayanan yang keren karena setiap individu di hotel Dunn sudah terlatih untuk memberikan pelayanan terbaiknya kepada tamu. Berikut adalah Tata Cara Perilaku Hotel Dunn Hospitality yang mungkin bisa kita contoh untuk meningkatkan pelayanan di perusahaan Anda.
Kami Bekerja Sementara Orang Lain Menikmati Kunjungan Mereka
– Kami buka 365 hari dalam 1 tahun di berbagai jenis cuaca. Kenyamanan para tamu merupakan fokus kami
– Kami ada untuk membuat hidup yang lebih mudah bagi para tamu kami
Kami Menciptakan Sebuah Suasana yang Ramah
– Dua keharusan: tersenyumlah dengan ramah dan gunakan kalimat yang ramah dan sopan
– Peliharalah penampilan yang rapi dan profesional
– Jangan pernah mengeluh atau berkomentar mengenai masalah pribadi atau masalah pengoperasian
Kami Memberikan Sentuhan Pribadi
– Perlakukan setiap tamu sebagai individu yang spesial
– Satu pengalaman pribadi, baik, atau buruk, dapat meninggalkan kesan yang mendalam
– apalah tamu dengan menggunakan namanya jika memungkinkan
Kami Mengetahui Jawabannya
– Setiap kali muncul pertanyaan, cari jawabannya
– Jangan biarkan tamu dalam kebingungan
– Hilangkan semua pengalihan telepon jika memungkinkan
Kami Mengetahui Peran kami
– Semua karyawan memahami dan berusaha dengan keras mencapai tujuan kelompok kerja
– Mempertahankan tingkat kebersihan faslitas kami tanpa kompromi
– Mencatat setiap kejadian ketika tamu merasa tidak puas
– Setiap karyawan diberi kekuasaan untuk memecahkan masalah ketidakpuasan tamu dan mencegah hal serupa tidak terjadi lagi
Kami Merupakan Sebuah Tim
– Kami percaya kami memerlukan suasana ramah dan informal
– Kami melakukan pekerjaan dengan serius. Kami menciptakan kegembiraan dalam peran kami, yang akan menciptakan kegembiraan bagi tamu-tamu kami
– Kami berkomunikasi secara terbuka. Kami berusaha meniadakan hambatan di antara orang
Tentu saja, semua perilaku itu perlu diinstal terlebih dahulu kepada setiap karyawan apalagi bagi karyawan yang baru masuk. Hotel hanya merekrut orang-orang yang sesuai dengan perilaku tersebut dan melakukan orientasi yang tidak main-main. Karyawan-karyawan yang sudah mencerminkan perilaku tersebutlah yang boleh berurusan dengan tamu.
Kadang, kita pernah melihat pelayan di rumah makan atau di toko dengan embel-embel sedang TRAINING. Sebenarnya ini adalah tindakan yang kurang tepat. Anda memberikan citra yang buruk terhadap karyawan tersebut. Selain itu, citra perusahaan Anda akan tergantung dengan karyawan tersebut meskipun Anda bersembunyi dengan embel-embel training seolah-olah tamu mau memaafkan karyawan yang belum terlatih jika ada kesalahan.
Salam Dahsyat!
Jansen Frank | Service Excellence Trainer
Bila Anda ingin mendapatkan pelajaran yang saya pelajari setiap hari gratis dan langsung saya kirimkan via WhatsApp ke Anda,silakan hubungi/SMS/WA ke: 0818 0856 5478 atau e-mail: jansen.franks@gmail.com