HarianBernas.com – Kenapa service atau pelayanan yang dahsyat masih jarang kita temui? Kenapa service atau pelayanan agak sulit di bangun di lingkungan kita? Apa yang salah?
Tanpa anda sadari, sebenarnya dunia terbentuk dari service dan pelayanan itu sendiri. Manusia yang baru lahir mendapatkan service dari orang tuanya, dikasih makan, dikasih pakaian, dikasih tempat tinggal, diberi kasih sayang. Karyawan memberi pelayanan ke perusahaan, pemilik perusahaan memberi pelayanan ke masyarakat, segala hal di dunia ini sebenarnya adalah soal saling melayani.
Namun kenapa kita tidak melihat cerminan tersebut di lingkungan kita? Kenapa sepertinya orang kurang menganggap service itu sesuatu yang penting?
Hmm..
Mungkin ada yg salah tentang pengertian service yang sesungguhnya!
Orang-orang biasanya menganggap pekerjaan yg berbau service adalah pekerjaan rendahan, mereka adalah para pelayan, mereka adalah para pesuruh. Tidak ada orang yg bercita-cita menjadi customer service karena dianggap pekerjaan rendahan. Mindset Inilah salah satu yg membuat kenapa service masih banyak yang bobrok.
Salah pengertian mengakibatkan tindakan yang salah.
Kalau yang bekerja di bidang service saja tidak bangga berada di bidangnya, bagaimana bisa mereka memberikan service yang baik?
Masuk akal?
Oleh karena itu kita perlu mengubah mindset kita soal service.
Mr. Ron kaufman mendefenisikan service dengan sangat baik sekali yaitu “service is taking action to create value for someone else” service adalah mengambil tindakan yang bermanfaat untuk orang lain, service adalah soal menolong orang lain.
Apa yg anda rasakan kalau anda bisa membantu orang lain? Ya anda bisa happy. Itu adalah salah satu dari basic need dari manusia yaitu berkontribusi. Kalau pengertian servicenya sudah tepat barulah orang mau bertindak untuk memberikan service yang baik.
Dengan pengertian yg tepat, Orang mulai paham bahwa service bukan pekerjaan rendahan, service adalah soal bagaimana seharusnya manusia hidup, soal bagaimana seharusnya manusia saling tolong menolong. Soal Bagaimana seharusnya anda melayani semua orang layaknya keluarga anda.
Kalau service adalah tindakan yang begitu mulianya, maukah anda mulai sekarang memberikan service yang terbaik untuk siapa saja? Baik itu keluarga anda, baik itu teman anda, baik itu pelanggan anda, baik itu atasan anda, baik itu bawahan anda, atau siapapun yg anda temui?
Mari buat dunia yang lebih baik dengan service.
Salam Dahsyat!
Jansen Frank | Service Excellence Trainer
Bila Anda ingin mendapatkan pelajaran yang saya pelajari setiap hari gratis dan langsung saya kirimkan via WhatsApp ke Anda,silakan hubungi/SMS/WA ke: 0818 0856 5478 atau e-mail: jansen.franks@gmail.com