HarianBernas.com – Taukah jika ada 1 kebiasaaan yang sangat menghambat anda ataupun tim anda untuk bisa maju, kebiasaan apakah itu? Ya anda tepat sekali, 1 kebiasaan itu tak lain tak bukan adalah kebiasaan SALING TUNJUK.
“Itukan salahnya dia, itukan salahnya si anu, itukan salah atasan saya, itukan salah pelanggan anda sendiri, itu BUKAN salah saya”. Familiar mendengar kata-kata tersebut?, pokoknya semua kesalahan buruk bukan salah saya.
Mungkin anda takut untuk disalahkan atau mungkin anda benar bahwa bukan anda yang bertanggung-jawab atas kesalahan tersebut. Tapi apa yang terjadi kalau kebiasaan saling tunjuk ini sudah menjadi budaya di tempat kerja anda? Sudah pasti yang disalahkan down dan emosi sedangkan yang menyalahkan pun tidak punya inisiatif untuk memperbaiki keadaan, semua pihak dirugikan. Pekerjaan bukannya selesai malah menambah masalah.
Terus apa yang harus dilakukan untuk menghadapi tindakan saling tunjuk ini?
Segeralah Sadar bahwa saling tunjuk-menunjuk tidak menyelesaikan masalah anda!
Kalau anda dan tim anda sungguh-sungguh ingin berkembang mulailah untuk menanamkan sikap ambil tanggung jawab pribadi, meskipun anda tidak bersalah cobalah untuk mengambil tanggungjawab tersebut untuk menyelesaikannya, fokus kepada solusi bukan kepada masalah.
Tentu saja sikap ini akan tumbuh kalau didukung oleh setiap orang.
Mulai sekarang coba latih diri anda dan tim anda mulai berani mengambil tanggung jawab pribadi. Apalagi kalau anda bosnya langsung turun tangan untuk bertanggung jawab terhadap suatu masalah bawahannya, bawahannya pun merasa dilindungi dan akan ikut melindungi bosnya di masa yang akan datang.
Maukah kita mulai sekarang berfokus kepada solusi?
Salam Dahsyat !!
Jansen Frank | Service Excellence Trainer
Bila Anda ingin mendapatkan pelajaran yang saya pelajari setiap hari gratis dan langsung saya kirimkan via WhatsApp ke Anda,silakan hubungi/SMS/WA ke: 0818 0856 5478 atau e-mail: jansen.franks@gmail.com