HarianBernas.com-Dr. Robert Cialdini adalah seorang rofesor dari Universitas Arizona, yang terkenal dengan 6 Hukum Persuasi untuk mempengaruhi orang. Dia telah meneliti selama 15 tahun mengenai persuasi itu sendiri dan efek yang ditimbulkannya, bahkan dia praktek langsung kurang lebih selama 3 tahun sebagai sales untuk meneliti persuasi itu sendiri
Inilah 6 hukum persuasi yang ditulis dalam bukunya:
1. Persuasi dengan Timbal Balik (Reciprocal)
Prinsip persuasi di sini menekankan bahwa biasanya manusia akan mau memberi setelah menerima terlebih dahulu. Ini adalah hukum universal di dunia. Kalau Anda menolong seseorang, otomatis di depannya pun yang ditolong paling tidak merasa hutang budi dan merasa harus membalas budi tersebut.
2. Hukum Bukti Sosial (Social Proof / Conformity)
Prinsip persuasif di sini menjelaskan bahwa Anda lebih tertarik untuk ikut-ikutan dengan orang lain mengenai apa yang akan Anda putuskan, misal kalau ada rumah makan yang sepi dan ramai, tanpa sadar Anda memutuskan untuk pergi ke tempat yang ramai karena Anda merasa di tempat yang ramai pasti lebih enak. Dibuktikan dari banyak orang yang belanja. Tanpa sengaja, semakin banyak yang menggunakan, apapun itu, Anda lebih percaya.
3. Hukum Komitmen dan Konsisten
Pada dasarnya orang suka dipercaya dengan diberikan kepercayaan melakukan hal-hal kecil yang lama-lama menjadi komitmen dan konsisten. Orang lebih mudah dipengaruhi dengan melakukan hal hal kecil terlebih dahulu, lalu baru lama-lama semakin berat. Sama seperti lari misalnya. Kalau di awal hanya disuruh untuk lari sejauh 100 meter per hari mungkin orang masih mau melakukannya, tapi kalau langsung disuruh untuk lari sejauh 5 km setiap hari, mungkin orang langsung menolaknya. Mulailah dengan hal-hal kecil terlebih dahulu.
4. Hukum Kesukaan (Liking)
Sebenarnya manusia lebih sering bertindak karena didorong rasa suka dan membeli barang juga biasanya didasari dari rasa suka, baik suka sama penjualnya, suka sama produknya, maupun suka lain lainnya. Oleh karena itu, penting untuk mempengaruhi orang dengan apa yang disukainya karena orang lebih terpengaruh oleh rasa sukanya.
5. Hukum Otoritas (Authority)
Manusia juga tergerak kalau dia dipengaruhi oleh pihak otoritas yang banyak mempengaruhinya, misalnya idola, orang-orang hebat dan sukses, pemikir terkenal, dll. Kadang banyak yang beriklan dengan menggunakan tokoh idola meskipun tidak berhubungan dengan produk yang dijual karena manusia bertindak dipengaruhi oleh otoritas yang dikaguminya.
6. Hukum Kelangkaan (Scarcity)
Ini sesuai dengan hukum ekonomi, semakin langka akan semakin berharga sesuatu itu. Itulah kenapa produk-produk yang langka begitu diburu dan harganya begitu mahal.
Demikianlah 6 hukum persuasi oleh Dr. Robert Cialdini? Semoga bermanfaat ^_^
Salam Dahsyat !!
Jansen Frank | Service Excellence Trainer
Bila Anda ingin mendapatkan pelajaran yang saya pelajari setiap hari gratis dan langsung saya kirimkan via WhatsApp ke Anda,silakan hubungi/SMS/WA ke: 0818 0856 5478 atau e-mail: jansen.franks@gmail.com