HarianBernas.com – Service adalah hubungan timbal balik dua arah. Jika pelayanan bagus customer pun memberikan pelayan yang bagus juga. Jika customer bersikap baik maka pelayan pun akan otomatis bersikap baik terhadap anda.
Mr. Ron mengalami suatu masalah dengan 1 set ban mobil yang diambil dari bengkel langganannya. Paul, mekanik servis mobil Mr. Ron selama enam tahun terakhir, menawarkan untuk mengecek masalahnya. Anaknya Mike melakukan cek diagnostik terhadap kondisi ban mobil tersebut. Mereka akhirnya memutuskan untuk melakukan pertukaran ban dengan model yang berbeda dengan tanpa biaya sama sekali.
Pelayanan yang dilakukan Paulus dan Mike adalah contoh pelayanan yang sangat baik. Paulus menolak untuk menerima pembayaran dari Mr. Ron untuk pemeriksaan mobil Mr. Ron. Lebih kerennya lagi lima hari kemudian Mr. Ron menerima kartu ucapan terima kasih dari Paul dan mike.
Mereka mengucapkan terima kasih untuk membiarkan Paul dan Mike untuk melayani Mr. Ron meskipun mereka tidak mengenakan biaya apapun untuk memperbaiki ban mobilnya. Itu adalah contoh layanan yang hebat.
Mr. Ron berbalik dan mengucapkan terima kasih dan mengirimkan pizza ke bengkel mereka untuk makan siang. Seluruh pengalaman itu sungguh-sungguh mengambarkan bahwa service adalah hubungan timbal balik 2 arah yang saling bersinergi.
Paul dan Mike sadar betapa pentingnya untuk menjaga loyalitas dari pelanggannya. Paul dan Mike menghargai pelanggannya yang sudah berlangganan selama 6 tahun dengan memberikan gratis biaya pengecekan. Hal yang cukup murah untuk terus menjaga loyalitas pelanggan. Selain itu, mereka mengirim kartu terima kasih. Kartu ucapan terima kasih tidaklah begitu mahal tapi menyempatkan diri untuk mengucapkan terima kasih sungguh memberikan dampak emosi yang dalam bagi pelanggan.
Ron pun begitu, karena mendapatkan pelayanan yang baik maka ia pun berniat baik terhadap bengkel tersebut dengan mengirimkan pizza ke bengkel tersebut, ditambah dengan testimoni positif yang pastinya membuat bengkel tersebut semakin ramai.
Bukankah hubungan seperti ini sungguh menyenangkan ?
Salam Dahsyat !!
Jansen Frank | Service Excellence Trainer
Bila Anda ingin mendapatkan pelajaran yang saya pelajari setiap hari gratis dan langsung saya kirimkan via WhatsApp ke Anda,silakan hubungi/SMS/WA ke: 0818 0856 5478 atau e-mail: jansen.franks@gmail.com